Pendidikan

Luar Biasa! SLB Negeri Kota Banjar Cetak ABK Berprestasi

Jumat, 11 Juni 2021 - 22:24 | 90.31k
M Kareem Arrasyd saat mengikuti lomba Da'i Spesial Ramadan (Foto:SLBN Banjar)
M Kareem Arrasyd saat mengikuti lomba Da'i Spesial Ramadan (Foto:SLBN Banjar)

TIMESINDONESIA, BANJAR – Anak berkebutuhan khusus memiliki kelainan dalam segi fisik, mental, emosi dan sosial yang dalam setiap perkembangannya mengalami hambatan, gangguan dan faktor risiko. Mereka memerlukan penanganan khusus untuk mencapai perkembangan yang optimal. Itulah sebabnya untuk melatih kecakapan dan kemampuannya, dibutuhkan pelayanan pendidikan khusus yang bisa didapatkan di sekolah khusus untuk anak berkebutuhan khusus seperti anak SLB.

Menurut riset yang dilakukan Walinono pada Tahun 1999, anak berkebutuhan khusus yang memperoleh dukungan sosial yang baik dari lingkungannya mampu menunjukan prestasi tak kalah gemilang baik dalam pendidikan formal maupun keterampilan sehingga anak tersebut bisa mandiri dalam kehidupannya.

Atas dasar itulah, SLB Negeri Kota Banjar akhirnya bisa membimbing anak-anak didiknya untuk menjadi seorang siswa yang dapat menunjukan eksistensinya dalam kancah prestasi anak bangsa.

Dengan modal ketekunan dan kesabaran dari tim pendidik yang handal, para Siswa di SLB Negeri Kota Banjar berhasil mendulang beragam prestasi menakjubkan yang diraih dari segala keterbatasan tersebut.

kerajinan kreativitas ABK SLBN Berbagai kerajinan kreativitas ABK SLBN Kota Banjar bisa dibeli sebagai souvenir (Foto:Susi/TIMES Indonesia)

Mereka berhasil menunjukan diri bahwa deretan prestasi tersebut bisa mengubah mimpi dan masa depan mereka sehingga mereka juga tidak akan merasa berbeda dengan anak lainnya.

Sepanjang tahun 2020 ini misalnya, deretan prestasi yang berhasil diraih di antaranya Juara Favorit Inspirasi kita cerita tentang guru dari Disdik Jabar oleh Ahmad yang juga menyabet juara 2 lomba karya tulis Hello Hero Challenge dari Tikomdik.

Ada juga prestasi membanggakan yang berhasil diraih Nazla Marwa Laila Tulaila saat menjadi juara 1 tingkat Jabar bercerita Challenge berkisah cerita legenda dari Tikomdik dan juara 1 Ulang Tahun mitra netra ke 30.

Selain itu, yang tak kalah menakjubkan adalah prestasi M. kareem Arrasyid yang masuk 8 besar Da'i spesial Ramadan di I News TV kemarin. Terbaru, Siti Nurazizah bahkan berhasil lolos ke Jawa Barat di perlombaan seni tari dalam rangka Festival lomba seni siswa nasional.

Kepala SLB Negeri Kota Banjar, Epi Sopiati saat ditemui di kantornya mengatakan deretan prestasi yang berhasil diraih siswa dan siswinya merupakan pembuktian bahwa anak berkebutuhan khusus memiliki masa depan yang baik apabila diberikan pelayanan pendidikan yang tepat.

"Kami berharap prestasi mereka dapat mengubah mindset para orang tua yang masih ragu untuk menitipkan anak-anaknya kepada kami," urainya.

Dilanjutkannya, justru dengan bersosialisasi di sekolah, mereka akan mendapatkan ilmu, pengalaman dan kehidupan baru lewat adaptasi sosialnya.

"Jadi kami mengajak para orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus untuk tidak sungkan bergabung dengan kami dan bersama-sama membimbing anak-anak sebagai generasi bangsa yang perlu diperhatikan," ajaknya.

Epi meyakini bahwa anak berkebutuhan khusus memiliki potensi yang bila dimaksimalkan akan lebih melejit ketimbang anak lain pada umumnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES