Indonesia Positif

Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat, Pemkot Tasikmalaya Bentuk Satgas ODF

Jumat, 11 Juni 2021 - 21:49 | 44.25k
Foto bersama selepas pembentukkan Satgas ODF, di Aula Kelurahan Kahuripan, Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)
Foto bersama selepas pembentukkan Satgas ODF, di Aula Kelurahan Kahuripan, Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, Pemerintah Kota Tasikmalaya (Pemkot Tasikmalaya) membentuk Satgas Open Defecation Free (ODF), atau Stop Buang Air Besar Sembarangan.

Tujuan dari pembentukkan satgas ini adalah untuk memicu dan meningkatkan kesadaran, kemauan serta kemampuan hidup sehat  di masyarakat  sehingga akan terwujud derajat kesehatan yang optimal.

Kepala Puskesmas Kahuripan H Asep Rahmadina dalam arahannya mengungkapkan  salah satu pendekatan yang harus dijalankan yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS),

Hal tersebut dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat diharapkan akan terbangun kepedulian terhadap kesehatan lingkungan yang berbasis pada lima pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

ODF bKepala Puskesmas Kahuripan H Asep Rahmadina memberikan pengarahan pada acara Pembentukkan Satgas ODF, di aula Kelurahan Kahuripan, Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya (FOTO:Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

 "Salah satu pijakannya adalah lima pilar STBM,  kegiatannya meliputi Stop BABS, Mencuci Tangan Pakai Sabun, Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga serta Pengelolaan Air Limbah Cair Rumah Tangga dan sanitasi," ungkapnya.

Asep menambahkan, satgas yang telah terbentuk akan diikutsertakan dalam pelatihan  untuk dibekali materi pengetahuan tentang ODF serta cara penyusunan program rencana kerja yang harus dilakukan.

Di tempat yang sama, Kepala Kesejahteraan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya Asep Sakti mengungkapkan program ODF harus menjadi kebutuhan utama masyarakat. Hal ini  sangat penting guna  tepenuhinya kualitas air minum dan sanitasi yang layak. Jika hal tersebut dapat terpenuhi maka peningkatan produktivitas masyarakat pun akan meningkat.

"Program ODF harus didukung oleh kita semua, saya berharap seluruh lembaga komponen masyarakat seperti MUI, DMI, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, RW, Karang Taruna serta seluruh kader posyandu,"harapnya.

ODF cSeorang warga Kelurahan Kahuripan antusias memberikan tanggapan pada acara Pembentukkan Satgas ODF, di Aula Kelurahan Kahuripan, Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya (FOTO:Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

Pembentukkan satgas Pemkot Tasikmalaya ini dilaksanakan di aula Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, Jumat (11/6/21) yang menghasilkan lima orang utusan. Untuk selanjutnya akan mengikuti pelatihan yang akan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES