Pendidikan

UK Petra Surabaya dan Hotel Shalimar Malang Kampanye Pemanfaatan Biopori

Jumat, 11 Juni 2021 - 19:43 | 52.27k
Seminar lingkungan hidup dan pemanfaatan biopori kolaborasi UK Petra Surabaya dan PKK Kota Malang serta Hotel Shalimar Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Seminar lingkungan hidup dan pemanfaatan biopori kolaborasi UK Petra Surabaya dan PKK Kota Malang serta Hotel Shalimar Malang. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Kristen atau UK Petra Surabaya bersama Hotel Shalimar Malang melakukan kampanye pemanfaatan biopori. Para akademisi dari kampus tersebut mendukung pemanfaatan biopori untuk mengurangi potensi banjir.

Kampanye ini dilakukan secara bersama-sama dengan PKK Kota Malang di Hotel Shalimar Malang pada Jumat (11/6/2021). Turut hadir Wakil Ketua I TP PKK Elly Estiningtyas Sofyan Edi Jarwoko, ST, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UK Petra Dr. Ido Prijana Hadi, M.Si, Dosen Lingkungan Hidup UK Petra yang juga Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Komisi B Dr. Ir. Daniel Rohi, M.Eng.Sc,IPM, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UK Petra Daniel Budiana, S.Sos., MA, Kepala Bidang Studi Strategic Communication & Dosen Pengampu Mata Kuliah CSR : Titi Nur Vidyarini, S.Sos, M.Comms.

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UK Petra Surabaya Dr. Ido Prijana Hadi, M.Si menerangkan bahwa kehadirannya ke Malang dalam diskusi kali ini untuk mencari platform terbaik untuk memaksimalkan kampanye pemanfaatan biopori.

"Ini upaya kami dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup. Kami pikir diskusi ini penting dilakukan agar pemahaman pentingnya pemanfaatan biopori bisa merata," tuturnya.

Seminar lingkungan hidup a

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Komisi B yang juga dosen Lingkungan Hidup UK Petra Dr. Ir. Daniel Rohi, M.Eng.Sc,IPM mengungkapkan pemanfaatan biopori layaknya bukan dipaksakan tapi suatu keharusan pada masyarakat.

"Ini semata-mata untuk menjaga lingkungan kita. Kita juga edukasi masyarakat yang lain," imbuhnya.

Apalagi, lanjutnya, saat ini masih banyak limbah dan sampah yang timbul atas perbuatan manusia. Ditambah lagi kesadaran masyarakat yang dinilai sangat rendah.

"Limbah rumah tangga saja, non industri, angkanya bombastis. Misalnya di Surabaya, ada 2.800 ton per hari. Belum lagi limbah industri," ucapnya.

Grace Syiariel, selaku General Manager dari The Shalimar Boutique Hotel Malang menyampaikan seminar ini juga merupakan kelanjutan dari program pembagian bibit yang pernah dilakukan.

"Sebagai salah satu cara kami untuk mengupayakan sustainable hospitality, kami berharap seminar ini dapat memberi manfaat untuk kelestarian lingkungan, khususnya untuk Kota Malang yang kita cintai," ungkapnya.

Seminar lingkungan hidup b

Selain itu, kolaborasi ini merupakan salah satu bentuk kontribusi The Shalimar Boutique Hotel di dunia Pendidikan. Harapannya, dengan adanya kolaborasi ini, ke depan pihaknya dapat terus bersinergi untuk dapat menghasilkan program-program dengan ide baru yang tentunya bermanfaat bagi semua pihak.

Menurut Titi Nur Vidyarini, Kepala Bidang Studi Strategic Communication Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya, kolaborasi dengan stakeholder, dapat secara langsung memberikan feedback tentang kekurangan dan kelebihan mahasiswa, yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi sebelum mereka terjun langsung di dunia pekerjaan.

Kolaborasi UK Petra Surabaya bersama PKK Kota Malang dan Hotel Shalimar Malang merupakan salah satu wujud kerjasama yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan konkret terkait pemanfaatan biopori. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES