Peristiwa Daerah

Pastikan Lapas Bondowoso Nihil Narkoba, Puluhan WBP Dites Urine Acak

Jumat, 11 Juni 2021 - 18:54 | 36.92k
Proses tes urine bagi warga binaan pemasyarakatan Lapas Klas II B Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Proses tes urine bagi warga binaan pemasyarakatan Lapas Klas II B Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Dalam rangka mencegah peredaran narkoba dalam lapas, puluhan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Kabupaten Bondowoso (Lapas Bondowoso) dites urine secara acak, Rabu (9/6/2021) kemarin.

Kepala Lapas (Kalapas) Bondowoso, Ucap Sarwito mengatakan, kegitan tersebut bertujuan untuk memastikan Lapas Bondowoso zero narkoba.

"Dan juga sebagai upaya dalam mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas Bondowoso,” katanya, Jumat (11/6/2021).

Menurutnya, total ada 35 WBP yang dipilih secara acak dari beberapa blok atau kamar. Adapun 32 orang WBP pria dan tiga orang berasal dari WBP wanita.

"WBP yang kami pilih ada yang dari tahanan ataupun narapidana. Dengan kasus yang berbeda-beda pula," jelasnya.

Pelaksanaan tes urine kata dia, dilakukan secara mendadak bagi para WBP itu menjadi intruksi dari Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Timur. 

"Hasilnya, dari 35 sample urine WBP yang diperiksa. Semuanya tidak ada yang positif narkoba. Alhamdulilah semuanya negatif,” paparnya.

Menurutnya, tes urine kali ini sebagai aksi tanggap dalam menanggapi berita yang beredar bahwa unit pemasyarakatan di Jatim terdapat penyalahgunaan narkoba. "Saya yakini dan pastikan bahwa Lapas Bondowoso sudah berupaya penuh," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES