Pendidikan

Pingin Nikah? Baca Dulu Buku Konseling Pranikah Dosen Psikologi UIN Maliki Malang Ini

Jumat, 11 Juni 2021 - 18:41 | 118.82k
Dr. Elok Halimatus Sakdiyah, Dosen Psikologi UIN Maliki Malang memegang buku konseling pranikah. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)
Dr. Elok Halimatus Sakdiyah, Dosen Psikologi UIN Maliki Malang memegang buku konseling pranikah. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGDosen Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang), Dr. Elok Halimatus Sakdiyah, M.Si. dan Dr. Muallifah, S.Psi., M.A menerbitkan buku konseling pranikah berbasis integrasi psikologi dan Islam menuju keluarga sakinnah, mawaddah, dan warahmah.

Buku tersebut diterbitkan di UIN Maliki Press pada awal tahun 2021 lalau.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Ini adalah buku yang merupakan hasil dari riset kami dari pengadilan-pengadilan agama dan kami sangat concern pada perkuatan keluarga baik pada anak-anak maupun di rumah tangga," ujar Dr. Elok Halimatus Sakdiyah, Dosen Psikologi UIN Maliki Malang kepada TIMES Indonesia, Jumat (11/6/2021).

Elok Halimatus menjelaskan, anak-anak tidak akan bisa berkembang dengan baik apabila lingkungan ayah dan ibunya tidak memiliki hubungannya yang solid. Hal itulah yang melatarbelakanginya dan Muallifah untuk menerbitkan buku konseling pranikah.

Selain itu, menurutnya pernikahan yang gagal bukan dikarenakan pasangan kehilangan cinta akan tetapi karena mereka tidak mampu merawat cinta, sehingga adanya buku tersebut diharapkan dapat memberikan referensi bagaimana cara merawat cinta.

buku pranikah b

"Di buku ini konsepnya macam-macam karena kita mengonsepnya dengan pendekatan berbasis intergrasi metode Islam," sambungnya.

Ia menjelaskan, dalam bukunya dipaparkan mengenai bagaimana cara memahami konsep keluarga sakinnah, mawaddah, dan warahmah, bagaimana cara membangun pernikahan menuju keluarga sakinnah, mawaddah, dan warahmah, bagaimana memahami konsep dan pentingnya konseling pranikah, bagaimana mengembangkan kapasitas psikologis menuju keluarga sakinnah, mawaddah, dan warahmah, bagaimana cara membangun komunikasi efektif dengan pasangan dalam berumah tangga, dan bagaimana cara meningkatkan kompetensi pengasuhan pada calon pengantin.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Harapan kami buku konseling pranikah ini bisa menjadi salah satu referensi untuk mereka yang akan menikah, karena pernikahan itu bukanlah suatu yang mudah terdapat tantangan, perjuangan, pengorbanan, dan kebahagaian, segala emosi akan bercampur baur menjadi satu," tutur Dr. Elok Halimatus Sakdiyah, Dosen Psikologi UIN Maliki Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES