Peristiwa Daerah

Hadapi Perubahan Iklim, Pemkab Ciamis Ajak Masyarakat Restorasi Ekosistem Hutan

Jumat, 11 Juni 2021 - 18:37 | 32.31k
Hutan Pinus Darmacaang, Salah satu hutan di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (foto: Natasya/TIMES Indonesia)
Hutan Pinus Darmacaang, Salah satu hutan di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (foto: Natasya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIAMISPemkab Ciamis melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis mengajak masyarakat Kabupaten Ciamis untuk melakukan restorasi ekosistem demi menghadapi perubahan iklim.

Terutama, restorasi ekosistem hutan di kawasan Ciamis. Sehingga, dengan restorasi ekosistem hutan, kita bisa semakin kuat dalam menghadapi perubahan iklim. Pasalnya, hutan adalah sumber mata air dan oksigen yang menjadi unsur penting untuk kehidupan umat manusia.

"Restorasi hutan merupakan upaya pemulihan hutan seperti sedia kala. Maka, kami telah melakukan upaya penurunan emisi gas melalui hutan di Ciamis," tutur Ketua DPRKLH Ciamis, Taufik Gumelar, Jumat (11/6/2021).

hutan bIlustrasi hutan (foto: instagram/@dianfardiansyah)

Kemudian, restorasi hutan juga bisa menghasilkan kayu yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Contohnya, seperti penyerap karbon, ekowisata, ilmu pengetahuan, biofarma, bionergi hingga jasa lingkungan.

Bahkan, komoditas hasil hutan bukan kayu juga bisa menghasilkan buah-buahan, madu, bambu, getah, rotan dan masih banyak lagi.

Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk mengelola sampah yang lebih ramah lingkungan. Sebab, pengelolaan sampah juga berperan penting untuk kehidupan manusia yang bersih dan sehat.

hutan cIlustrasi hutan di Ciamis (foto: instagram/@zakiatulfitri14)

"Masyarakat dalam mengelola sampah domestik bisa melalui bank sampah, kompos, maggot atau inovasi lainnya. Dalam transaksi jual beli juga bisa menggunakan kantong sendiri. Sehingga, itu bisa mengurangi sampah plastik," paparnya.

Kemudian, untuk mewujudkan Kabupaten Ciamis yang semakin asri, bersih, bebas polusi dan indah, Pemkab Ciamis juga mengajak elemen masyarakat lainnya seperti komunitas peduli lingkungan dan pemerintah untuk selalu bersinergi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES