Peristiwa Daerah

Hari Lingkungan Hidup, Wali Kota Banjar Kampanyekan Kurangi Penggunaan Plastik

Jumat, 11 Juni 2021 - 16:51 | 52.78k
Wali Kota Banjar saat menaiki bukit Taman Kehati (FOTO: Susi/TIMES Indonesia)
Wali Kota Banjar saat menaiki bukit Taman Kehati (FOTO: Susi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJAR – Dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang mengambil tema 'Ecosystem Restoration', Wali Kota Banjar dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar menggelar rangkaian kegiatan dalam upaya meningkatkan kesadaran dan Penyelamatan lingkungan.

Kegiatan itu di antaranya melakukan penanaman pohon di area Taman Kehati, Jumat, (11/6/2021). Dalam sambutannya, Wali Kota Banjar, Dr Hj. Ade Uu Sukaesih, MSi menuturkan pandemi ini jangan sampai menghentikan aktivitas dalam menjaga lingkungan.

menaiki-bukit-Taman-Kehati-2.jpg

 "Penanganan Covid-19 jangan sampai membuat lingkungan kita terabaikan. Banyak cara kita dalam upaya menjaga lingkungan kita, salah satunya dengan menanam pohon," ujarnya. 

 "Seperti pada hari ini, kita bersama Dinas Lingkungan hidup telah menanam pohon di Area Taman Kehati. Masih banyak lahan yang dapat kita tanami tanpa kita mengabaikan protokol kesehatan, tetap 5M," sambung orang nomor satu di Pemkot Banjar ini. 

Mulai saat ini, lanjut Wali Kota, kita diharapkan harus lebih mengurangi penggunaan plastik karena plastik merupakan sampah yang sangat sulit diurai oleh alam. 

Di Kota Banjar sendiri, dalam sehari menghasilkan sampah sebanyak 60 ton  "Di dalamnya itu termasuk sampah plastik, jadi bisa kita bayangkan,berapa puluh tahun sampah plastik dapat diurai secara utuh," cetusnya. 

menaiki-bukit-Taman-Kehati-3.jpg

 "Dengan momen hari Lingkungan Hidup sedunia ini, mari kita mulai mengurangi pemakaian plastik dalam kehidupan kita. Kita jaga alam, maka alam pun akan menjaga kita," ajaknya. 

Sementara itu, Ninding selaku Kabid pertamanan dan pengelolaan lingkungan hidup Dinas Lingkungan hidup menuturkan, pada hari ini akan ditanam sebanyak 50 bibit pohon buah-buahan yang terdiri dari Bibit Pohon Rambutan, Bibit Pohon Cempedak, Sawo, Jamaica serta bibit pohon belimbing wuluh.

 "Sejak 2019 di area Taman Kehati telah ditanam sebanyak 2.464 pohon yang terdiri dari pohon keras, bunga dan buah ," ungkapnya. 

Masih dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, acara dilanjutkan dengan kampanye pengurangan sampah plastik yang bertempat di area Toserba Jogja, Jalan Letjen Suwarto Kota Banjar. 

Dalam kegiatan bersama Wali Kota Banjar ini, Himpunan Pegiat Adiwiyata Indonesia bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup membagikan goodie bag sebagai pengganti plastik belanja dengan harapan dapat mengurangi sampah plastik di Kota Banjar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES