Wisata

Kalau ke Pacitan, Jangan Lupa Terapi Kesehatan di Pemandian Air Hangat Tirto Husodo

Jumat, 11 Juni 2021 - 16:34 | 470.61k
Suasana pemandian Air Hangat di Pacitan (Foto: Yusuf For TIMES Indonesia)
Suasana pemandian Air Hangat di Pacitan (Foto: Yusuf For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Saat berwisata di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur jangan lupa mampir di pemandian Air Hangat Tirto Husodo atau populer dengan sebutan Banyu Anget.

Di sana anda bisa mendapatkan pengobatan secara alami. Terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Banyu Anget tersebut menyajikan kehangatan mandi yang berasal dari sumber alami.

Jika anda ingin berkunjung, jarak dari pusat kota Pacitan sekitar 15 kilometer atau 30 menit, dengan melewati jalan utama Pacitan-Ponorogo. Begitu sampai Pasar Arjosari, perjalanan dilanjutkan dengan berbelok ke utara memasuki Jalan Arjosari-Banyu Anget.

Menurut salah satu warga setempat, Ridhowi, Pemandian Banyu Anget memiliki sejarah tersendiri, terletak di bawah lereng bukit batu putih atau gunung Kelir. Konon, dahulu kala berawal dari seorang dalang wayang kulit melakukan pertunjukan sampai pagi.

"Berawal dari seorang dalang wayang kulit melakukan pertunjukan sampai pagi, saat di tengah pertunjukan terdengar suara seorang gadis menyapu, Sang Dalang marah, seketika itu lampu tinthir yang digunakan sebagai penerangan tumpah, dan disitulah awal bermula air sumber Banyu Anget muncul," katanya, Kamis (11/6/2021).

Keunggulan Banyu Anget atau banyak orang menyebutnya Tirta Husada, air hangatnya bisa untuk terapi kesehatan dan terapi untuk tubuh para pengunjung. Misalnya penyakit kulit, reumatik, stroke dan sebagainya.

Pemandian-2.jpg

Meski saat Covid 19 pengunjung relatif berkurang. Namun tiap hari masih ada pengunjung yang berdatangan. Tempat ini dibuka dan dikelola oleh Pemkab Pacitan sudah sejak tahun 1995 dan masuk dalam kategori wisata paling diminati nomor tiga di Kabupaten Pacitan, setelah Pantai Klayar dan Goa Gong.

Hanya dengan merogoh kocek Rp 15 ribu dan Rp 5 ribu untuk anak-anak, para pengunjung dapat menikmati hangatnya air dan berenang sesuka hatinya.

"Semenjak Maret bulan lalu ada kenaikan harga tiket mas, yaitu Rp 15 ribu untuk dewasa yang sebelumnya Rp 10 ribu, anak-anak masih tetap Rp 5 ribu," jelas, Kepala Tiket Banyu Anget, Temon.

Tak usah khawatir bagi yang punya anak. Di sana juga tersedia dua kolam dewasa dan dua khusus anak. Meskipun berasal dari air belerang, namun air tetap jernih dan tidak lengket. Tiap minggu kolamnya pun dikuras sampai dua kali agar tetap bersih.

Selain itu, tersedia Solus Per Aqua (SPA) yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan pelayanan mandi khusus dan lebih memuaskan, biaya perjamnya Rp 15 ribu.

Tak hanya itu, pemandian ini juga dilengkapi dengan penginapan villa yang berjumlah 2 unit masing-masing 3 kamar. Bila anda ingin menginap biaya perkamar semalam cukup Rp 150 ribu saja.

Selain pengobatan, jika anda ingin membeli oleh-oleh, di area pemandian Air Hangat Tirto Husodo juga tersedia berbagai macam jenis sekaligus pernak-pernik batu mulia, kaos souvenir banyu anget dan lain-lain. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES