Pemerintahan

Ridwan Kamil Jadi Saksi Kerjasama Pemprov DKI Jakarta dengan Pemda Sumedang

Jumat, 11 Juni 2021 - 09:56 | 39.96k
Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Gubernur DKI Anies Baswedan bersama Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir seusai melaksanakan Shalat Subuh berjama'ah di Masjid Agung Sumedang (FOTO: Humas Prov Jabar for TIMES Indonesia)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Gubernur DKI Anies Baswedan bersama Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir seusai melaksanakan Shalat Subuh berjama'ah di Masjid Agung Sumedang (FOTO: Humas Prov Jabar for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMEDANG – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir berjalan mengelilingi area Alun-Alun, setelah melaksanakan Shalat Subuh berjamaah di Masjid Agung Sumedang, Jum'at (11/6/2021). 

Dalam lawatannya ke Sumedang, Gubernur Ridwan Kamil yang kerap disapa Kang Emil akan menjadi saksi kerja sama antara Pemda Provinsi DKI Jakarta dengan Pemkab Sumedang dalam hal pertanian dan pemenuhan pangan. 

"Saya mengapresiasi hubungan ekonomi ini yang akan dilaksanakan antara Pemkab Sumedang dan Pemprov DKI Jakarta. Kami ingin antardaerah ini terus berkoordinasi demi kesejahteraan warga. Apalagi di era pandemi Covid-19, kolaborasi antardaerah di berbagai bidang harus terus dilakukan. Sebelumnya, Prov Jabar telah bekerjasama pangan dengan Sumatera Selatan," terang Kang Emil. 

Ridwan-Kamil-2.jpg

Emil berharap, kerjasama antar pemerintah daerah di Indonesia semakin gencar dilakukan, demi meningkatkan konsep kerja sama yang nyaris tidak terdengar. 

Selain itu, sambung Gubernur Jabar, program subuh keliling yang dilaksanakan sejak awal 2021 kembali digelorakan Pemda Prov Jabar. Mengingat, shalat subuh keliling merupakan ciri kebangkitan muslim untuk lebih mendekatkan diri terhadap sang pencipta. 

"Itulah kenapa sebelum Covid-19 gerakan subuh berjamaah terus dijalankan, karena lelaki soleh itu subuhnya di masjid. Kalau di rumah namanya lelaki solehah," sebutnya. 

Dalam sambutannya, Emil menuturkan bahwa menjadi seorang pemimpin itu harus menjadi contoh bagi masyarakat. Salah satunya dengan terus menyampaikan makna salat subuh berjamaah di masjid.    

"Syariat kepemimpinan adalah bisa memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengatakan kebutuhan pangan di wilayahnya sangat bergantung Jabar. 

"99 persen dari kebutuhan pangan di Jakarta itu dipasok dari luar Jakarta, pemasok terbesar datang dari tetangga kami yaitu Jabar. Kebutuhan pangan di Jakarta ini ditopang oleh Jabar saya ucapkan terima kasih," tambahnya. 

Anies berharap kerja sama antara Pemda Provinsi DKI Jakarta dan Pemkab Sumedang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat kedua daerah. Maka apabila kerja sama tersebut terus dilakukan, kebutuhan akan terus dirasakan kebermanfaatannya. 

"Dengan adanya kerja sama ini, para petani dan produsen Insyaallah bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan cepat," tandas Anies didampingi Ridwan Kamil. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES