Peristiwa Nasional MPR Rumah Kebangsaan

Terima Tokoh Papua, Syarief Hasan: Pembangunan Harus Dikawal 

Kamis, 10 Juni 2021 - 21:14 | 27.62k
Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan. (FOTO: Dok MPR RI)
Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan. (FOTO: Dok MPR RI)
FOKUS

MPR Rumah Kebangsaan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tokoh Papua di Ruang GBHN, Komplek Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, 10 Juni 2021.

Kehadiran para tokoh Papua yang terdiri dari anggota Majelis Rakyat Papua, pejabat Pemerintahan Provinsi Papua, dan wakil rakyat dari DPR dan DPD asal Papua itu difasilitas oleh MPR For Papua di bawah kepemimpinan anggota DPD dari Papua, Yorrys Raweyai. Kehadiran para tokoh Papua di MPR untuk menyampaikan berbagai permasalahan terkait rencana revisi Undang-Undang No 21 Tahun Otonomi Khusus Papua.
 
 Syarief Hasan mengatakan kehadiran para tokoh  Papua di MPR menunjukan bahwa semua masih NKRI. Menyalurkan aspirasi ke MPR dikatakan sebagai sebuah langkah yang tepat sebab lembaga ini merupakan pemegangan kedaulatan rakyat.

“Menyampaikan aspirasi kepada MPR dilindungi oleh undang-undang," ujarnya. Sebagai sesama anak bangsa yang cinta NKRI menurut Syarief Hasan harus duduk bersama untuk membangun bangsa. “Ini adalah hakikat daripada kedaulatan rakyat,” ungkapnya.
 
Terkait otonomi khusus, Syarief Hasan sebagai politisi dari Partai Demokrat, masalah ini sudah banyak dibahas pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Hasil revisi dari undang-undang yang ada dikatakan kelak akan menjadi payung hukum dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Langkah pertama dalam pembangunan di Papua menurut Menteri Koperasi dan UMKM di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu adalah  mendengar aspirasi masyarakat Papua.
 
Pembangunan Papua disebut harus dikawal sesuai dengan sistem ketatanegaraan. Dana otonomi khusus yang diberikan harus dilihat bagaimana dampaknya terhadap pembangunan. Untuk itu kehadiran para tokoh Papua di MPR diharap membawa aspirasi dan evaluasi. Masalah-masalah yang ada selanjutnya bisa dimasukan dalam daftar invetaris masalah. Revisi yang ada disebut sebaiknya menyeluruh sehingga semua permasalahan yang ada bisa diselesaikan. “Tujuan kita berbangsa dan bernegara adalah terciptanya masyarakat sehat dan sejahtera," ujarnya. Kemiskinan dan pengangguran juga berkurang.
 
Menurut Syarief Hasan, apa yang disampaikan oleh para tokoh Papua sebagai wakil masyarakat di sana patut didengar dan selanjutnya disalurkan kepada DPR dan pemerintah.

“Sebagai wakil rakyat kita harus menyampaikan apa yang dibawa oleh para tokoh Papua," tambahnya.

Proses aspirasi yang ada harus dilakukan lewat dua arah, yakni dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas. Sebagai NKRI, keputusan dan kebijakannya yang ada harus betul-betul mengayomi seluruh warga negara.
 
Syarief Hasan menegaskan, masalah otonomi khusus tidak hanya memberikan dana otonomi khusus namun banyak hal yang menjadi prioritas. Untuk itu revisi undang-undang yang ada harus mampu menyelesaikan seluruh aspek. “Bukan hanya tentang bagaimana mengantarkan anggaran ke Papua," tuturnya.

Diungkapkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam revisi undang-undang itu, yakni menyangkut masalah otonomi khusus, kewenangan, sistem kelembagaan di Papua, masalah sosial, politik, dan budaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES