Peristiwa Daerah

Pusdiklat LP Ma'arif Banyuwangi Diresmikan, Ada Minimarketnya Juga Lho

Kamis, 10 Juni 2021 - 22:51 | 112.00k
Peresmian Gedung Pusdiklat dan Ma'arif Mart LP Ma'arif NU Banyuwangi (FOTO: Rizki Alfian/ TIMES Indonesia)
Peresmian Gedung Pusdiklat dan Ma'arif Mart LP Ma'arif NU Banyuwangi (FOTO: Rizki Alfian/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGIMa'arif Mart, badan usaha milik Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Banyuwangi, sudah resmi dibuka. Peresmian dilakukan oleh Ketua PWNU Jatim (Jawa Timur), KH Marzuki Mustamar, pada Kamis (10/6/2021).

Ma'arif Mart merupakan salah satu unit usaha Ma'arif NU Banyuwangi yang bekerjasama dengan CV. INDANA, dimana keuntungannya akan digunakan untuk membiayai operasional LP Ma'arif NU Banyuwangi.

Badan usaha baru itu, terletak satu areal dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) untuk para guru dibawah naungan LP Ma'arif NU Banyuwangi. Lokasinya berada di Jalan MT. Haryono nomer 58, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi kota.

Peresmian-Gedung-Pusdiklat-dan-Maarif-Mart-LP-Maarif-NU-Banyuwangi-2.jpg

"Alhamdulillah, semoga ikhtiyar ini menjadikan LP Ma'arif PCNU Banyuwangi semakin mandiri dan dapat memberikan pelayanan maksimal untuk pendidikan NU di Banyuwangi," kata Ketua LP Ma'arif NU Banyuwangi, Zaki Al Mubarok.

Disisi lain, peresmian Ma'arif Mart dan gedung Pusdiklat baru tersebut untuk memudahkan para tenaga pendidik melakukan koordinasi, khususnya di kawasan kota.

"Selama ini yang ada di kota dan Banyuwangi utara harus ke selatan jika ada pertemuan. Nah dengan adanya gedung baru ini kami berharap ada pemerataan. Yang dari utara tidak jauh, karena nanti kita ada servis points disini," ujar Gus Zaki sapaan akrabnya.

Dengan berdirinya gedung LP Ma'arif NU baru di kawasan kota, diharapkan mempermudah komunikasi dengan PCNU dan instansi pemerintahan.

"Jadi tidak terfokus di kawasan selatan. Kita bergerak juga dikawasan kota untuk mempermudah koordinasi," ujar Ketua PKBM Mubarok Tegalsari itu.

Gedung tersebut sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun sejak 10 tahun terakhir gedung itu mangkrak dan jarang digunakan. Hanya selama ini dipakai TPQ dan Yayasan Kesejahteraan Muslimat NU Khadijah Banyuwangi.

"Akhirnya atas inisiasi saran masukan dari sejumlah pengurus dan sesepuh NU Banyuwangi, gedung LP Ma'arif NU kita bangun bersama, termasuk ada minimarketnya juga," ungkap Gus Zaki.

Peresmian-Gedung-Pusdiklat-dan-Maarif-Mart-LP-Maarif-NU-Banyuwangi-3.jpg

Berdirinya gedung dua lantai Pusdiklat LP Ma'arif NU tersebut tentu tidak lepas dari adanya dukungan dan peran serta dari berbagai pihak terutama eksekutif dan legislatif.

"Kami ucapkan terimakasih kepada Hj. Makmullah Harun, Ketua PC Muslimat NU Banyuwangi yang juga Anggota DPRD Jawa Timur yang telah menjadi wasilah utama atas terbangunnya gedung Pusdiklat ini," ungkapnya.

"Terima kasih juga kami haturkan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur, terutama Bu Gubernur yang juga Ketum Muslimat Pusat yang telah mensupport kami," imbuh Gus Zaki.

Sementara itu Ketua PWNU Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar berharap agar badan usaha LP Ma'arif itu bisa membantu perekonomian masyarakat, misalnya dengan memasukkan produk UMKM lokal warga Banyuwangi di Ma'arif Mart.

"Maksimalkan barang-barang produk UMKM warga lokal atau warga NU. Misalnya beras yang mempunyai standar mutu dan lain sebagainya," ungkap Kyai Marzuki.

"Insyallah akan lebih barokah. Apalagi kemudian bisa dijadikan tempat praktek pelajar sekolah, maka akan banyak manfaat untuk mengedukasi jug. Di Banyuwangi kan banyak sekolah SMK NU, itu bisa praktek disini agar anak-anak tidak kerepotan," imbuhnya.

Diakhir sambutan, pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad Malang, Ketua PWNU Jatim tersebut juga mendoakan agar semua yang berjuang dalam pembangunan gedung Pusdiklat dan minimarket Ma'arif Mart milik LP Ma'arif NU Banyuwangi bisa mendapat barokah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES