Ekonomi

Ladara Indonesia Dukung Penuh Kampanye Bangga Buatan Indonesia 

Kamis, 10 Juni 2021 - 22:16 | 91.56k
CEO Ladara Ny Nanny Hadi Tjahjanto bersama pembicara lainnya dalam Dialog interaktif Bangga Buatan Indonesia di TVRI Nasional Jakarta.
CEO Ladara Ny Nanny Hadi Tjahjanto bersama pembicara lainnya dalam Dialog interaktif Bangga Buatan Indonesia di TVRI Nasional Jakarta.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Marketplace Ladara Indonesia turut ambil bagian dalam kampanye Bangga Buatan Indonesia. Kampanye ini sebagai upaya pemerintah Indonesia untuk mendorong perkembangan perekonomian dengan mempromosikan karya anak bangsa. 

CEO Ladara Indonesia Ny Nanny Hadi Tjahjanto, menjelaskan, kecintaan dan kebanggaan kita terhadap Indonesia perlu diwujudkan secara nyata. Salah satunya dengan membeli produk-produk buatan dalam negeri. 

ladara

"Kita harus bangga dengan buatan produk Indonesia dalam kehidupan sehari-hari yang menunjukkan bahwa produk Indonesia memiliki potensi yang selanjutnya dapat diekspor ke luar Indonesia," ucapnya dalam "Dialog Interaktif" di televisi yang disiarkan secara langsung melalui TVRI Nasional dan live streaming di channel YouTube TVRI Nasional ini (10/6/2021).

Untuk diketahui, Ladara merupakan marketplace baru di Indonesia yang dibuka sejak September lalu. Marketplace ini diinisiasi oleh istri-istri TNI, baik dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara yang tersebar di seluruh Indonesia. Ladara sendiri diambil dari nama kesatuan di TNI. Yakni laut, darat, dan udara. 

Ny Nanny menambahkan, jika beli satu produk UMKM, akan tumbuh seribu semangat UMKM Indonesia. Inilah yang mendasari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia menjadi salah satu program kampanye Ladara.

"Dengan menciptakan marketplace untuk produk dalam negeri dan memberi kesempatan kepada UMKM yang belum punya kesempatan berjualan online dengan melakukan pendampingan bagi UMKM untuk onboarding,” jelas istri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ini.

ladara b

Program ini sendiri dibuat untuk mendukung upaya peningkatan kualitas UMKM nasional sekaligus menyambut acara puncak "Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Kilau Digital Permata Flobamora". Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2021.  

Sementara, Staf Khusus Menteri Kominfo, Philip Gobang, mengatakan, Kementerian Kominfo pada tahun ini memang mendapat tugas menjadi campaign manager terhadap Gerakan Nasional BBI, khususnya di wilayah NTT pada tahun ini.

Karenanya, Kementerian Kominfo menjalin kemitraan dengan banyak pihak dan mendorong sebanyak mungkin penggiat UMKM khususnya di NTT untuk masuk ke pasar digital.

Kementerian Kominfo juga turut memastikan agar setiap konektivitas internet terhubung ke daerah-daerah, khususnya di wilayah 3T. Sehingga masyarakat dapat memanfaatan konektivitas tersebut untuk kepentingan sosial dan ekonomi.

“Kominfo bertugas sebagai Campaign Manager Gernas BBI, melalui kemitraan dengan banyak pihak, menargetkan sebanyak mungkin penggiat UMKM di NTT masuk ke pasar digital. Dari roadshow sejak Maret lalu di beberapa kota yang meliputi Labuan Bajo, Maumere di Kabupaten Sikka, Kupang, dan lainnya, kami mendorong keterlibatan UMKM dan dengan mitra terkait seperti Telkom, BI, dan Marketplace, telah mengkuratori 100 UMKM dengan lebih dari 1.000 produk untuk masuk pasar digital, salah satunya melalui aplikasi virtual expo," paparnya. 

Sementara, Direktur Strategic Portofolio, Budi Setyawan Wijaya, menjelaskan bahwa Telkom memiliki komitmen dalam mendukung transformasi digital. Juga mendukung industri kreatif di Indonesia.

Terlebih lagi, adanya pandemi Covid-19 semakin mendorong adanya transformasi digital. Oleh karena itu, Telkom senantiasa membangun jaringan infrastruktur dari barat ke timur, dan Telkomsel juga telah menggelar teknologi 5G serta melakukan pembangunan infrastruktur untuk platform satu data.

“Dalam kaitannya dengan UMKM, Telkom juga membangun beberapa platform digital di beberapa sektor. Di antaranya adalah dari segi SDM yaitu dengan platform ‘Pijar’ yang mana Telkom dapat melatih para siswa, para pekerja, serta para pelaku UMKM.

Selain itu, didukung juga dengan platform ‘Satu Data’ yang diharapkan dapat digunakan untuk mengambil keputusan strategis. Dalam hal industri kreatif, Telkom memiliki platform Indigo dalam membangun industri kreatif nasional yang meliputi inkubasi dan akselerasi start-up digital.

Pada acara puncak nanti, akan diadakan Virtual expo, yang dilakukan pertama kali dilakukkan bagi pengiat UMKM di NTT. Virtual expo adalah platform inovasi kolaborasi terbuka yang melibatkan banyak pihak. 

ladara c

Virtual expo tersebut dapat dikunjungi melalui kilaudigitalflobamora.id. Hal ini sejalan dengan visi Telkom Group untuk menjadi pilihan utama dalam mendukung percepatan ekonomi nasional. 

"Kami berharap hal ini dapat dimanfaatkan secara maksimal sehingga kita dapat membentik ekosistem ekonomi digital yang baik di Indonesia," ucapnya.

Kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Kilau Digital Permata Flobamora yang akan diselenggarakan oleh Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Kominfo ini diharapkan  dapat senantiasa mendukung perkembangan UMKM nasional serta membuat produk anak bangsa menjadi tuan rumah di negeri Indonesia tercinta. Ladara Indonesia turut andil dalam istimewa dalam kampanye Bangga Buatan Indonesia ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES