Peristiwa Daerah

Tujuh Vaksinator di Abdya Aceh Positif Covid-19, Kadinkes: Jangan Panik

Kamis, 10 Juni 2021 - 20:39 | 41.16k
Wabup Abdya, Muslizar MT saat menerima vaksin Sinovac di RSUTP Abdya, (10/2/2021) (Foto:T. Khairul Rahmat Hidayat Terasa/TIMES Indonesia)
Wabup Abdya, Muslizar MT saat menerima vaksin Sinovac di RSUTP Abdya, (10/2/2021) (Foto:T. Khairul Rahmat Hidayat Terasa/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, ACEH – Sebanyak tujuh orang tenaga kesehatan (nakes) yang bertindak sebagai vaksinator di Puskesmas Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) berdasarkan hasil tes Swab PCR.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Abdya, Safliati SST, M.Kes mengatakan, terpaparnya sejumlah nakes yang berperan sebagai vaksinator tersebut mengakibatkan pelayanan vaksinasi di puskesmas itu terpaksa ditunda.

"Iya untuk sementara ditunda dulu, karena tujuh orang nakes yang bertindak sebagai vaksinator di Puskesmas Blangpidie positif terpapar Covid-19," ujar Safliati, Kamis (10/6/2021).

Vaksinator v

Menurutnya, sebelum diketahui terpapar, sebanyak 11 orang vaksinator dari Puskesmas Blangpidie mengikuti tes Swab PCR. Kemudian dari hasil pengujian tersebut, tujuh nakes dinyatakan positif terpapar Covid-9, dua orang negatif, dan dua lainnya masih menunggu hasil pengujian.

"Ada 11 orang yang dites Swab, hasilnya tujuh orang termasuk dokter dan perawat dilaporkan positif Covid-19," katanya. 

Meskipun pelayanan vaksinasi di Puskesmas Blangpidie ditunda. Namun di puskesmas lainnya di kabupaten setempat tetap dilaksanakan sesuai dengan rencana. Safliti mengaku pihaknya langsung melakukan tes PCR Swab kepada seluruh tenaga kesehatan dan petugas lainnya yang berada di Puskesmas Blangpidie.

Vaksinator z

"Siang hari ini juga semua nakes dan petugas lainnya di PKM Blangpidie kita tes swab, hal ini kita lakukan untuk menekan penularan penyakit ini kepada yang lain," tuturnya. 

Safliati juga mengimbau masyarakat tidak panik, karena pelayanan kesehatan di Puskesmas Blangpidie tetap berjalan seperti biasa. Sementara itu, ia juga berharap agar masyarakat selalu mengikuti Prokes Covid-19 sesuai yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

"Kita imbau masyarakat jangan panik, tetap patuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan dan selalu membiasakan mencuci tangan, karena virus ini ada," pungkas Safliati.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES