Peristiwa Nasional

Panglima TNI dan Kapolri Pantau Penanganan Covid-19 Klaster Sidodowo Lamongan

Kamis, 10 Juni 2021 - 18:53 | 16.38k
Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri, Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di depan Pendopo Lokatantra Lamongan, Kamis (10/6/2021). (Foto: MFA Rohmatillah/TIMES Indonesia)
Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri, Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di depan Pendopo Lokatantra Lamongan, Kamis (10/6/2021). (Foto: MFA Rohmatillah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGANPanglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri, Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo datang ke Lamongan untuk memantau secara langsung penanganan Covid-19 klaster Desa Sidodowo, Kecamatan Modo, Kamis (10/6/2021).

Begitu tiba, Panglima TNI, Kapolri bersama Kepala BNPB, Gubernur Jatim, Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim langsung menggelar rapat koordinasi penanganan Covid-19, di Pendopo Lokatantra Lamongan.

Setelah menyimak paparan dari Satgas Covid-19 Lamongan, Panglima TNI menyebut bahwa penanganan Covid-19 di Lamongan, khususnya untuk klaster hajatan di Desa Sidodowo sudah sesuai dengan prosedur.

panglima tni b

"Dari Kediri kita terbang ke Lamongan untuk melihat secara langsung perkembangan klaster Sidodowo. Dan ternyata sudah dilaksanakan tindakan mitigasi sesuai dengan prosedur yang ada dan saat ini desa tersebut diilaksanakan isolasi dan dilaksanakan pembatasan sehingga diperlukan suatu dukungan berupa logistik beserta obat-obatan, sehingga dalam waktu dekat klaster di Desa Sidodowo sudah bisa teratasi," kata Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dalam sesi konferensi pers.

Tidak hanya penanganan klaster Covid-19 Sidodowo, Hadi juga menyebut bahwa Satgas Covid-19 Kabupaten Lamongan juga telah melakukan tindakan yang tepat dan terukur terhadap kasus Covid-19 di wilayah lain.

"Harapan kedepan kasus aktif Covid-19 juga bisa tertekan dan apa yang dilakukan Pak Bupati dan Forkopimda tiga pilar sudah dilakukan dengan baik untuk mengendalikan kasus covid yang ada di Lamongan ini," tuturnya.

Meski menyebut penanganan kasus Covid-19 di Lamongan sudah cukup baik, namun Hadi mengingatkan kepada Bupati Lamongan, Kapolres dan Dandim 0812 Lamongan agar terus mendisiplinkan masyarakat dalam mematuhi protokol yang berlaku.

Selain itu, tracing juga harus ditingkatkan sebagai upaya mendeteksi terjadinya penularan Covid-19 di wilayahnya.

"Tingkatkan tracing, sehingga kita memiliki deteksi dini apabila ada ancaman yang datang baik dari luar atau memang dari dalam. Tingkatkan monitor dan evaluasi dengan meningkatkan fungsi dari posko PPKM, sehingga bisa memonitor angka positif Covid-19 setiap hari, termasuk juga angka kesembuhan, kematian dan mengetahui Bor ICU maupun BOR isolasi," ujarnya.

Sementara itu, Kapolri, Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo meminta Pemerintah Kabupaten Lamongan untuk melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi.

panglima tni c

"Kita dorong agar pelaksanaan vaksinasi massal agar bisa dipercepat, agar di Lamongan pun upaya untuk membentuk kekebalan komunitas bisa segera terwujud," kata Sigit.

Sigit juga meminta Bupati Lamongan, Kapolres Serta Dandim 0812 Lamongan untuk kembali menguatkan sosialisasi kepada masyarakat agar tetap mematuhi 3 M, terutama penggunaan masker.

"Seluruh masyarakat di Lamongan menjaga kepatuhan 3 M, masker khususnya, karena itu penting untuk mencegah penyebaran Covid-19. Penggunaan masker harus terus disosialsikan karena sudah mulai terlihat kejenuhan," ujarnya.

Selain memantau langsung penanganan Covid-19 klaster Desa Sidodowo, Panglima TNI bersama Kapolri dan Kepala BNPB juga meninjau vaksinasi di depan Pendopo Lokatantra dengan 2000 sasaran yang terdiri dari 1.500 pendidik dan 500 tenaga kesehatan, serta memimpin apel gelar pasukan satgas penanganan Covid-19 di Alun-alun Lamongan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES