Peristiwa Nasional

Pacu Pertumbuhan Ekonomi Digital, AMSI Jatim Gelar Seminar Nasional

Kamis, 10 Juni 2021 - 20:31 | 42.57k
AMSI Jatim gelar Rakerwil dan Seminar Nasional membahas ekosistem digital 11-12 Juni 2021. (FOTO: AMSI Jatim)
AMSI Jatim gelar Rakerwil dan Seminar Nasional membahas ekosistem digital 11-12 Juni 2021. (FOTO: AMSI Jatim)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Asosiasi Media Siber Indonesia Jawa Timur (AMSI Jatim) menggelar Seminar Nasional dan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Tahun 2021 di Hotel Royal Senyiur Prigen Pasuruan pada 11-12 Juni 2021.

Acara ini akan dibuka oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki sebagai keynote speaker. Turut hadir, Ketua AMSI Pusat Wenseslaut Manggut. 

Sederet kepala daerah juga turut bergabung dalam giat tersebut. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Bupati Gresik H Fandi Akhmad Yani, Bupati Sidoarjo H Ahmad Muhdlor, Bupati Pasuruan H.M Irsyad Yusuf, Bupati Pamekasan H Badrut Tamam, Bupati Bangkalan R.Abdul Lathif Amin Imron, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandiani dan Direktur Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari David Santoso. 

AMSI-Jatim-2.jpg

Ketua AMSI Jatim, Arief Rahman menjelaskan, Rakerwil AMSI Jatim 2021 bertujuan untuk merumuskan atau memformulasikan program kerja dalam satu tahun ke depan. 

Antara lain tetap mengusung upaya agar media siber atau media online dapat dikelola secara profesional baik konten maupun manajemen. 

"Termasuk peran pemerintah (governance) yang akhirnya bermuara pada konten yang sehat, konten yang berkualitas sehingga publik selalu mendapatkan informasi yang sifatnya edukatif, membangun, konstrukrif bagi kepentingan publik maupun kepentingan Bangsa dan Negara," kata Arief. 

Areif melanjutkan, AMSI selama ini memang berkontribusi penting dalam memberantas dan membersihkan sampah-sampah digital di era disrupsi informasi yang meracuni dan juga merusak struktur sosial masyarakat. 

"Karena itu momen Rakerwil ini tentu akan menjadi momentum bagi AMSI Jatim baik untuk internal maupun eksternal," tambahnya. 

Secara internal, jelas Arief, AMSI akan memperkuat kapasitas teman-teman anggota dalam mengelola media siber. 

Sementara secara eksternal, AMSI Jatim siap berkontribusi positif bagi pembangunan Jatim khususnya dalam upaya menciptakan ekosistem digital yang bisa menjadi pemicu dan pengungkit bagi pertumbuhan ekonomi Jatim. 

Tak hanya itu saja, ekosistem digital yang baik juga dinilai mampu mengembalikan kondisi sosial ekonomi masyarakat Jatim di dalam situasi yang masih belum pulih karena pandemi. 

"Karena kita tahu bersama, kita masih dalam krisis kesehatan dan juga berimbas pada krisis ekonomi," ucap Pemimpin Redaksi Lensa Indonesia ini menambahkan. 

Selain Rakerwil dan Seminar Nasional, AMSI Jatim juga akan mengunjungi KEK Singashari yang digadang sebagai Silicon Valley Jatim bahkan Indonesia dan menjadi pusat pengembangan industri digital.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES