Indonesia Positif

Pemkot Kediri Bersama Universitas Negeri Malang, Rekrut Tenaga Pendamping Prodamas Plus

Kamis, 10 Juni 2021 - 20:18 | 55.33k
Bimbingan teknis pokmas swakelola Prodamas (FOTODiskominfo Kota Kediri)
Bimbingan teknis pokmas swakelola Prodamas (FOTODiskominfo Kota Kediri)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Program Pemberdayaan Masyarakat (Prodamas) Plus tahun 2021 Pemerintah Kota Kediri (Pemkot Kediri) menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang, merekrut 66 tenaga pendamping yang bertugas mengawal pelaksanaan Prodamas Plus. Pendampingan tersebut mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban.

"Kami (Pemkot Kediri) bersama dengan LP2M Universitas Negeri Malang saat ini sedang melakukan rekrutmen untuk 66 tenaga pendamping yang bertugas mengawasi jalannya Prodamas Plus disetiap kecamatan, kelurahan hingga RT," terang Paulus Budi Luhur, Kepala Bagian Pemerintahan, Pemerintah Kota Kediri, Kamis, (10/6/2021).

Paulus menjelaskan sebanyak ke-66 tenaga pendamping tersebut meliputi 3 koordinator pendamping kecamatan, 30 orang tenaga pendamping infrastruktur, 15 orang tenaga pendamping ekonomi, 15 orang tenaga pendamping pemberdayaan masyarakat dan 3 staff pendukung yang ahli dibidangnya.

Pembangunan-gorong-gorong-melalui-prodamas.jpgPembangunan gorong-gorong melalui prodamas. (FOTO: Diskominfo Kota Kediri)

"Rekrutmen ini dilaksanakan murni oleh LP2M Universitas Negeri Malang, Pemerintah Kota Kediri hanya bertindak sebagai fasilitator, jadi benar-benar dilakukan se-objektif mungkin," tegas Paulus.

Paulus mengatakan, kerjasama dengan LP2M Universitas Negeri Malang ini pun didasarkan pada track record dari universitas tersebut dalam menangani hal serupa  dengan Prodamas Plus.

"Mereka telah berpengalaman dalam bidang pendampingan-pendampingan masyarakat di Provinsi Jawa Timur," imbuhnya.

Adapun tenaga-tenaga pendamping ini merupakan putra -putri daerah di Kediri. Menurut Paulus hal ini dilakukan mengingat pendampingan dilakukan untuk warga masyarakat Kota Kediri, maka dipilih putra putri daerah yang memahami kondisi sosial kemasyarakatan yang ada di Kota Kediri.

Pendaftaran pendamping Prodamas Plus ini ditutup pada tanggal 11 Juni 2021. Informasi lebih lanjut terkait persyaratan dan kriteria bisa dilihat di akun Instagram resmi Pemerintah Kota Kediri @pemkotkediri.

Selanjutnya proses seleksi wawancara akan segera dimulai setelah proses administrasi dari para calon pendaftar terlah terpenuhi. "Seleksi wawancara akan dilakukan pada tanggal 14-15 Juni 2021 bertempat di kantor BKPPD Kota Kediri," ungkap Paulus.

Diharapkan Paulus, Pelaksanaan Prodamas Plus tahun 2021 ini dapat lebih baik dari sebelumnya. Ia menargetkan pembangunan di 6 bidang (infrastruktur, ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial budaya dan kepemudaan) yang ada di Prodamas Plus Kota Kediri ini bisa tercapai seluruhnya. 

"Dibandingkan tahun sebelumnya, tahun ini Prodamas Plus di fokuskan di tingkat Kelurahan untuk mengangkat potensi-potensi yang ada di setiap kelurahan," terangnya.

Inovasi ini disambut baik oleh setiap Kelurahan yang ada di Kota Kediri. Heru Sugiarto, Lurah Ngronggo Kota Kediri mengatakan bahwa hal ini sangat dinanti-nantikan.

"Bagus, memang diperlukan pendampingan bagi masyarakat dalam pelaksanaan Prodamas Plus ini, sehingga masyarakat tahu apa yang harus dilakukan dan diprioritaskan," ungkapnya.

Selain itu ia juga menargetkan dengan adanya pendamping ini, pemberdayaan terhadap potensi yang ada di masyarakat dapat lebih tearah.

"Kita berfokus pada kualitas, pengembangan potensi setempat yang manfaatnya nanti juga bisa dirasakan oleh masyarakat juga," pungkas Lurah Ngronggo, Pemkot Kediri.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES