Pemerintahan

Masyarakat Usulkan Pemkab Gresik Bangun Jalan Poros Tengah Pulau Bawean

Kamis, 10 Juni 2021 - 19:36 | 35.59k
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat kunjungan kerja di Pulau Bawean (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat kunjungan kerja di Pulau Bawean (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Jalan poros tengah Pulau Bawean diusulkan dibangun untuk mempersingkat jarak tempuh antara Kecamatan Tambak dan Sangkapura. Hal ini diusulkan oleh tokoh masyarakat dalam rembuk akur yang digelar Pemkab Gresik

Sebagai informasi, program rembuk akur merupakan inisiasi Bupati Fandi Akhmad Yani dan Wabup Aminatun Habibah untuk menyerap aspirasi masyarakat. 

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan gagasan untuk membangun jalan poros tengah butuh kajian dan pengembangan lebih lanjut. Pria yang akrab disapa Gus Yani ini melanjutkan jalan poros tengah ini merupakan jalur lain sebagai pelengkap jalan yang menghubungkan dua wilayah.

"Saya akan mengumpulkan semua pihak yang berkompeten untuk mematangkan rencana pembangunan jalan tersebut," katanya saat kunjungan kerja ke Pulau Bawean, Kamis (10/6/2021).

Jika jalan poros tengah ini terwujud maka perekonomian di wilayah tersebut akan muncul. Hingga saat ini, Bawean hanya memiliki jalan lingkar yang jaraknya sangat berjauhan.

"Tentunya jalur tengah ini waktu tempuhnya dari Sangkapura Ke Tambah lebih cepat karena jaraknya akan lebih pendek apabila kita melewati jalan lingkar Bawean,” imbuh Bupati.

Selain gagasan jalan jalur tengah, Bupati juga menyampaikan opsi memperpanjang runway Bandara Harun Tohir di Kecanatan Tambah sejauh 300 meter lagi.

"Kalau runway ini bisa lebih panjang, maka akan lebih banyak jenis pesawat yang bisa mendarat disini. Tentu saja transportasi dari dan ke Pulau Bawean akan makin lancar," ucap dia.

Sementara itu, Anggota DPRD Asal Bawean Musa mendukung langkah pemerintah yang akan membangun jalan poros tengah. Jika ini terwujud, maka perekonomian dan pertanian masyarakat akam tumbuh.

"Ini sangat didukung oleh semua tokoh masyarakat dan kiai. Bahkan ada beberapa tokoh masyarakat yang siap membantu agar gagasan tersebut segera terealisasi," terang Musa menanggapi rembuk akur Pemkab Gresik yang hasilnya jalan poros tengah Pulau Bawean. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES