Peristiwa Daerah

DPRD Kabupaten Kawal Proses Verifikasi Bantuan bagi Korban Gempa Malang

Kamis, 10 Juni 2021 - 19:00 | 22.96k
Salah satu rumah roboh dan rusak berat akibat Gempa Malang. (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia).
Salah satu rumah roboh dan rusak berat akibat Gempa Malang. (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, MALANG – Anggota DPRD Kabupaten Malang Zia'ul Haq berkomitmen mendampingi serta mengawal proses verifikasi bantuan bagi korban Gempa Malang.

Hal ini setelah sejumlah warga Tirtoyudo lurug ke dewan untuk meminta kejelasan terkait bantuan bagi para korban Gempa Malang yang belum kunjung turun dari pemerintah pusat.

"Saat ini prosesnya masih verifikasi yang dilakukan oleh tim PU Cipta Karya Pemkab Malang. Apabila sudah selesai, akan dibawa ke Jakarta," ujar Zia'ul Haq kepada TIMES Indonesia, Kamis (10/6/2021).

Politisi Partai Gerindra ini melanjutkan, proses verifikasi akan terus diawasi oleh dewan. Pihaknya juga mendorong supaya terjadi percepatan proses verifikasi tersebut.

rumah-roboh-dan-rusak-berat-akibat-Gempa-Malang-2.jpgSalah satu rumah yang rusak sedang akibat Gempa Malang. (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

"Harapannya satu hingga dua Minggu ini proses verifikasi selesai. Tentu kami kawal prosesnya," terangnya.

Dia menegaskan, selain kecepatan, proses verifikasi terhadap korban Gempa Malang harus memenuhi unsur ketepatan.

Mengingat ini merupakan masyarakat yang terdampak Gempa sangat membutuhkan bantuan tersebut. Sehingga kata dia, proses verifikasi harus dilakukan sebaik mungkin.

"Karena ini data yang melibatkan masyarakat korban bencana, jangan ada kesalahan. Jangan sampai ada yang tertinggal," sebutnya.

Sedangkan untuk jumlah yang mengalami kerusakan, kata Zia, harus diklasifikasikan sesuai dengan jenis kerusakannya masing-masing yakni, berat, sedang dan Ringan.

"Kalau data sudah fiks dan sesuai dengan verifikasi, maka segera dibawa ke pusat untuk diajukan," tuturnya.

Setelah data sudah diajukan ke pusat, maka kata anggota DPRD Kabupaten Malang ini, untuk korban Gempa Malang yang rumahnya mengalami kerusakan ringan dan sedang, akan mendapat bantuan berupa uang. Sedangkan rusak berat, akan dibangun secara fisik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES