Peristiwa Daerah

Pemkab Sumenep Target Kewirausahaan Pesantren Terealisasi Tahun Ini

Kamis, 10 Juni 2021 - 18:43 | 26.75k
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumenep, Drs. H. Yayak Nurwahyudi. (FOTO: Ach. Qusyairi Nurullah/TIMES Indonesia).
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumenep, Drs. H. Yayak Nurwahyudi. (FOTO: Ach. Qusyairi Nurullah/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, SUMENEP – Rencana Pemkab Sumenep untuk menjalankan Program Kewirausahaan Pesantren bukan sekedar isapan jempol. Saat ini, program tersebut mulai digodok formulasinya agar bisa terealisasi tahun 2021 ini.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumenep, Yayak Nurwahyudi. Dia mengaku, program Bupati Sumenep Achmad Fauzi untuk membangun kewirausahaan santri di Sumenep akan diwujudkan tahun ini.

"Kami sudah melakukan Focus Group Discussion (FGD) pada 3 Juni lalu. Kami berdiskusi di situ mencari formulasi atau model pengembangan entrepreneurship berbasis pesantren," kata Yayak, Kamis (10/6/2021).

Menurut Yayak, tujuan dari program Kewirausahaan Pesantren ini guna menanggulangi lahirnya Orang Miskin Baru (OMB) di Kabupaten Sumenep.

Peran sentral pesantren ditengah masyarakat sebagai wadah pendidikan agama, dinilai cukup potensial untuk menaggulangi OMB bila dijadikan mitra strategis oleh pemerintah daerah.

Melalui program ini, diharapkan para santri atau alumni pesantren mampu mengoptimalkan potensi-potensi yang ada di pondok pesantren agar memiliki daya jual ekonomis. Dengan begitu, program ini dapat mendongkrak tingkat kesejahteraan masyarakat Sumenep.

"Diharapkan juga nanti lahir wirausaha-wirausaha baru dari kalangan santri yang bisa survive di era sekarang," paparnya.

Yayak menambahkan dalam FGD 3 Juni lalu, banyak pihak yang dilibatkan  oleh Bapedda. Mulai unsur perguruan tinggi, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kementerian Agama Sumenep, serta Perwakilan pondok pesantren.

Hasil diskusi Pemkab Sumenep itu nantinya akan menjadi rujukan dalam realisasi program kewirausahaan pesantren tahun ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES