Indonesia Positif

Tingkatkan Kualitas, Pegiat Pariwisata Kabupaten Blitar Ikuti Uji Kompetensi Profesi

Kamis, 10 Juni 2021 - 17:12 | 31.47k
Suasana uji kompetensi Profesi di Gedung Graha Bhakti Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar, Kamis (10/6/2021). (Foto: Tim Kreatif Dinas Parbudpora Kab. Blitar)
Suasana uji kompetensi Profesi di Gedung Graha Bhakti Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar, Kamis (10/6/2021). (Foto: Tim Kreatif Dinas Parbudpora Kab. Blitar)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Sebanyak 50 pekerja dan pegiat pariwisata Kabupaten Blitar mengikuti uji kompetensi profesi di Gedung Graha Bhakti Budaya Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar, Kamis (10/6/2021).

Uji kompetensi tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepariwisataan dan produktivitas usaha pariwisata.

Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso mengungkapkan, pandemi Covid-19 sangat berdampak pada sektor pariwisata di Kabupaten Blitar. Diharapkan dengan adanya Uji Kompetensi itu dapat berangsur angsur memulihkan kunjungan wisatawan domestik di Kabupaten Blitar.

Sertifikasi kompetensi di bidang pariwisata bertujuan untuk memberikan pengakuan terhadap kompetensi tenaga kerja. Sertifikasi kompetensi juga sekaligus untuk meningkatkan kualitas dan daya saing tenaga kerja di bidang MICE, Keamanan Pangan, Kepemanduan Wisata, Restoran/ Café, Perhotelan dan Perjalanan Pariwisata.

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Cakra Wikara Indonesia (CWI) dan Indonesia Event Industry Council (IVENDO) yang telah mengadakan uji kompetensi ini. Kami dari pihak dinas memfasilitasi kegiatan ini untuk kemajuan pariwisata di Blitar," urai Suhendro.

Menurut Suhendro, saat ini sertifikasi kompetensi profesi bidang pariwisata merupakan sebuah kebutuhan, mengingat adanya perubahan tren pariwisata di masa pandemi. Selain itu, secara presentase jumlah tenaga kerja sektor pariwisata yang telah bersertifikasi di Kabupaten Blitar masih kurang dari 5 persen. 

"Sehingga, kegiatan ini (uji kompetensi) akan terus digalakkan guna meningkatkan daya saing pariwisata," tambahnya.

Suhendro berharap para pegiat pariwisata dapat mengikuti proses uji kompetensi dengan sungguh-sungguh. Dengan bekal kompetensi yang tersertifikasi secara nasional, diharapkan pelayanan pariwisata akan terstandar sehingga dapat memperbaiki image parwisata di Kabupaten Blitar. ”Kami optimis bahwa setelah pandemi berlalu, dengan segala persiapan dan penguatan pada segala lini, pada saatnya nanti akan membawa pariwisata Blitar akan bangkit dengan pesat," jelasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES