Entertainment

Sound of Borobudur 24 Juni 2021, Ini Harapan Purwacaraka

Kamis, 10 Juni 2021 - 11:24 | 68.04k
Event bergengsi, Sound of Borobudur 24 Juni 2021. (Foto: Dok.Purwacaraka)
Event bergengsi, Sound of Borobudur 24 Juni 2021. (Foto: Dok.Purwacaraka)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Sekelompok musisi yang tergabung dalam Sound of Borobudur berupaya merekonstruksi alat-alat musik dalam panel-panel relief Candi Borobudur untuk menguak lebih dalam kebesaran peradaban musik Nusantara pada 24 Juni 2021 nanti.

Menariknya, ansambel musiknya terhitung lengkap. Dalam relief-relief tersebut ditemukan banyaknya panel relief yang menggambarkan pola ansambel yang komplit, terdiri dari komponen alat-alat musik kategori cordophone, ideophone, membranophone dan aerophone yang memenuhi segenap persyaratan sebagai musik modern.

Kesimpulannya pada abad ke-8, bangsa Indonesia sudah mengenal komposisi, aransemen, orkestrasi, dan segenap aspek musikal modern, jauh sebelum bangsa Eropa melahirkan musik orkestra di abad ke 15-16.

Dari total 226 alat musik dalam relief candi, beberapa alat musik dawai yang saat ini sudah tidak ada kembali dibuat ulang, yang disesuaikan dengan gambar yang terpahat dalam relief Candi Borobudur.

Alat musik berdawai tersebut dibuat oleh seorang luthier profesional demi mendapatkan dawai dengan standarisasi Concert Grade.

Pertunjukan musik orkestra Sound of Borobudur ini diharapkan dapat menjadi daya tarik baru bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan Borobudur. Agenda terdekat dari Sound of Borobudur @soundofborobudur adalah Music Over Nations yang akan diadakan bulan Juni mendatang (24 Juni 2021).

Adanya event bergengsi di tengah pandemi ini juga diharapkan menjadi momentum istimewa kebangkitan bangsa Indonesia untuk bersatu mengatasi segala persoalan bangsa guna menciptakan kehidupan yang damai dan sejahtera.

"Kami berdoa semoga event Sound of Borobudur pada 24 Juni 2021 sukses dan diharapkan menjadi moment pemersatu bangsa. Menciptakan negara yang gemah Ripah loh jinawi tata tenteram kerta raharjo," tandas Musisi Senior Indonesia, Purwacaraka, Kamis (10/6/2021).

Purwacaraka mengajak seluruh elemen Bangsa Indonesia untuk menguatkan persatuan dan kesatuan berbekal warisan nilai-nilai luhur dan adi luhung nenek moyang dan leluhur.

"Kami mengajak semua elemen dan komponen anak bangsa bersatu dalam kebhinekaan untuk menghadapi segala tantangan mewujudkan kehidupan yang harmoni, sentosa dan makmur," tuturnya.

Untuk mengetahui informasi Pertunjukan musik orkestra Sound of Borobudur bisa mengunjungi laman ini: Instagram .(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES