Pendidikan

9 Kampus Terbaik di Indonesia Versi THE 2021, UI Geser UGM

Kamis, 10 Juni 2021 - 09:47 | 34.39k
Gedung rektorat Universitas Indonesia (Foto: Dok. ui.ac.id)
Gedung rektorat Universitas Indonesia (Foto: Dok. ui.ac.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Baru-baru ini sebuah lembaga riset internasional The Times Higher Education (THE) merilis Asia University Rankings 2021 atau daftar universitas terbaik. Penelitian ini dipokuskan di kampus-kampus yang ada di Asia.

Peringkat pertama ditempati oleh Universitas Tshinghua China dengan nilai keseluruhan 37,4. Adapun kampus lain yang masuk lima besar adalah Universitas Peking, National University of Singapore, Universitas Hong Kong, dan Universitas Nanyang Technological.

Dalam pemeringkatan universitas terbaik se-Asia itu, ada perwakilannya dari Indonesia di antara 551 perguruan tinggi yang masuk daftar. Semua universitas ini dinilai secara ketat dan acak, dan ditemukan sembilan universitas terbaik se-Indonesia.

Berdasarkan penelitian THE Times Higher Education 2021 ini, Universitas Indonesia (UI) didapuk sebagai universitas terbaik dan berada di peringkat pertama daripada sekolah yang lain, mereka memberikan nilai 32.9 kepada UI. 

Sedangkan, Universitas Gadjah Mada (UGM) berada di urutan ketiga dengan nilai 21.7-24.4. UGM masih kalah sama pesaingnya yaitu Institut Teknologi Bandung yang bertengger di urutan kedua dengan angka 24.6-26.8.

Sementara, urutan keempat dan ketima diisi oleh Institut Pertanian Bogor dengan skor nilai 21.7-24.4 dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan nilai 21.7-24.4.

Universitas Brawijaya berada di peringkat keenam dengan raihan sekor 12.9-21.6. Kampus UB berhasil mengalahkan tiga kampus besar lainnya, seperti Universitas Diponegoro dengan bilai 12.9-21.6, Universitas Padjadjaran dengan sekor nilai 12.9-21.6 serta Universitas Telkom dengan nilai 12.9-21.6. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES