Peristiwa Nasional

Pemerintah Bantu Pemda Dalam Pengadaan Fasilitas Isolasi dan Karantina Mandiri

Kamis, 10 Juni 2021 - 09:18 | 44.43k
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito saat memberikan keterangan pers di Jakarta (foto: Dokumen/BNPB)
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito saat memberikan keterangan pers di Jakarta (foto: Dokumen/BNPB)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmitomemastikan pemerintah akan membantu kepala daerah dalam penyediaan pengadaan fasilitas isolasi dan karantina mandiri. Ini sebagai wujud sinergi antara pemerintah pusat dan daerah terkait penanganan pandemi covid-19.

Oleh karena itu, dia meminta kepala setiap kepala daerah transparan dalam melaporkan kasus Covid-19. Mereka diminta tidak malu-malu untuk meminta bantuan dari Satgas Covid-19.

"Hal ini menimbang, upaya penanganan Covid-19 terbaik sesuai dengan tantangan dari setiap daerah dapat disesuaikan secara lebih efektif," kata Wiku Adisasmito di Jakarta, Kamis (10/6/2021).

Beberapa contoh dari langkah koordinasi itu, seperti mengkonversi tempat tidur untuk pelayanan kesehatan dan intensifikasi pelaksanaan PPKM mikro untuk mengetatkan kembali protokol kesehatan.

Wiku juga meminta agar pemerintah daerah terus mengantisipasi kenaikan kasus, meski peningkatannya tidak sebesar usai libur Lebaran tahun lalu.

"Jangan sampai terlambat hingga situasinya menjadi kritis dan tidak terkendali. Mohon kepada seluruh bupati dan wali kota untuk segera memperbaiki penanganan Covid-19 di daerah masing-masing," ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah sempat menghentikan pembiayaan isolasi mandiri baik di hotel maupun fasilitas penginapan lainnya.Penghentian ini dilakukan secara bertahap.Wiku menjelaskan, penghentian biaya isolasi mandiri ini sudah diputuskan melalui kesepakatan dengan kementerian/lembaga terkait dan juga pemerintah daerah. Penghentian pembiayaan ini karena penanganan Covid-19 berbeda di masing-masing daerah.

“(Sudah) melalui kesepakatan kementerian/lembaga terkait dan jajaran pemerintah daerah. Pembiayaan isolasi mandiri yang awalnya tersentral oleh pemerintah pusat, akan secara bertahap dilakukan terdesentralisasi kepada pemerintah daerah,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dikutip dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (10/6/2021). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES