Indonesia Positif

Tingkatkan Kecakapan Petugas Pemadam Kebakaran, BPBD Pangandaran Gelar Latihan Rofe Rescue

Rabu, 09 Juni 2021 - 23:00 | 50.00k
Petugas dari BPBD mempersiapkan alat untuk melakukan evakuasi kebakaran (FOTO: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)
Petugas dari BPBD mempersiapkan alat untuk melakukan evakuasi kebakaran (FOTO: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PANGANDARAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Pangandaran menggelar latihan rofe rescue di Tempat Evakuasi Sementara (TES) berlokasi di Pasar Wisata Pangandaran Rabu (9/6/2021).

Plt Kepala BPBD Kabupaten Pangandaran Dani Hamdani mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka memberikan kecakapan kepada petugas untuk melakukan penanganan ketika terjadi bencana kebakaran.

menggunakan-alat-untuk-melakukan-evakuasi-kebakaran-2.jpgPetugas dari BPBD saat menggunakan alat untuk melakukan evakuasi kebakaran (FOTO: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)

"Kegiatan latihan ini dalam rangka mengantisipasi dan sebagai langkah proteksi ketika terjadi bencana kebakaran di gedung bertingkat," kata Dani.

Dani menambahkan, hasil dari kegiatan tersebut untuk menyamakan keterampilan petugas dalam penggunaan alat untuk evakuasi keselamatan korban.

"Beberapa hal yang menjadi fokus utama dalam latihan kali ini seperti ketika akan melakukan evakuasi," tambahnya.

melakukan-tahapan-penggunaan-alat-untuk-melakukan-evakuasi-kebakaran-3.jpgPetugas dari BPBD saat melakukan tahapan penggunaan alat untuk melakukan evakuasi kebakaran (FOTO: Syamsul Ma'arif/TIMES Indonesia)

Dani menjelaskan, selain melatih keterampilan juga memberikan pembekalan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang harus dipatuhi sebelum menggunakan alat pertolongan

"Beberapa hal harus dikuasai oleh petugas dikala beraksi melakukan pertolongan salah satunya termasuk posisi sikap juga menentukan keselamatan," jelas Dani.

Saat ini Dani akan memfokuskan pada pembekalan tim agar menyamakan irama pada penggunaan alat evakuasi penyelamatan korban. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES