Indonesia Positif

Siapkan Lahan 10.000 Hektar, Pemkab Situbondo Bakal Uji Coba Bibit Padi BK 900

Rabu, 09 Juni 2021 - 21:47 | 39.22k
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat rapat bersama Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (FOTO: Ari for TIMES Indonesia).
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat rapat bersama Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (FOTO: Ari for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, SITUBONDO – Pemerintah Kabupaten Situbondo (Pemkab Situbondo) menyiapkan lahan seluas 10.000 hektar pada tahun 2022, untuk uji coba penanaman bibit padi BK 900

Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan,  awal akan uji coba di lahan 20 hektar dulu. Namun, pihkanya ingin menambah di perubahan alokasi keuangan (PAK). 

"Agar Kadis menganggarkan bibit BK 900 seluas 10.000 hektar khusus masa tanam Tahun 2022. Kemudian juga tentukan lahannya," katanya, Rabu (9/6/2021).

Pihaknya optimis uji coba bibit BK 900 berjalan sukses. Sebab kata dia, bibit ini memiliki keunggulan. 

"Yaitu, memiliki daun bendera, bulir padinya lebih banya dan berasnya punel," jelasnya.

Menurutnya, sebagai permulaan pihaknya akan menaman bibit padi BK 900 ini di lahan seluas 20 Hektar. "Kita sudah siapakan lahannya di Kepongan dan Sumberkolak," imbuhnya.

Dalam waktu dekat kata dia, pihaknya juga akan melakukan uji coba limba batu bara untuk diolah menjadi pupuk organik. 

"Kami dapatkan secara gratis dari PLUT Paiton dan alatnya dapat dari  Pak Luhut Binsar Panjaitan," paparnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Situbondo, Sentot Sugiono siap menindaklanjuti instruksi dari Bupati, Karna Suswandi.

 "Secepatnya kami akan menerjunkan PPL yang di 17 kecamatan untuk melakukan pemetaan wilayah mana saja yang cocok ditanami bibit padi BK 900," paparnya mewakili Pemkab Situbondo.(*) 

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES