Indonesia Positif

Bupati Situbondo Karna Suswandi Siap Tambah Luasan Lahan Porang

Rabu, 09 Juni 2021 - 21:00 | 30.61k
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat panen raya porang perdana. Pihaknya siap memperluas lahan untuk komuditas porang (FOTO: Humas for TIMES Indonesia).
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat panen raya porang perdana. Pihaknya siap memperluas lahan untuk komuditas porang (FOTO: Humas for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, SITUBONDO – Pemeritah Kabupaten Situbondo (Pemkab Situbondo) sangat serius menjadikan porang sebagai komoditas pertanian. Bupati Situbondo Karna Suswandi panen raya porang, di Desa Semambung, Kecamatan Jatibanteng, Rabu (9/6/2021).

Bupati menegaskan untuk terus memperluas lahan porang dan mendukung penuh petani porang.

Musim tanam Tahun 2021 ini yang jatuh pada bulan September hingga awal November pihaknya targetkan 1.500 hektar lahan bisa ditanami porang. 

"Untuk mewujudkan itu semua kita telah telah kerja sama dengan LMDH dan KTH," ucap bupati seusai menghadiri kegiatan panen raya perdana porang.

Pihaknya juga telah menjalani komunikasi dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, untuk mendapatkan bantuan bibit porang untuk luas 1.000 hektar. 

"Dalam waktu dekat akan ada pembicaraan lebih lanjut," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Petani Porang Situbondo (P3Si), Junaidi mengungkapkan, dalam 1 hektar lahan mampu menghasilkan hingga 30 ton umbi porang.

"Tentunya hasilnya sangat memuaskan, dalam satu hektar kita mampu memperoleh 300 hingga 400 juta, namun itu belum dipotong biaya bibit, perawatan dan lain-lain," jelasnya usai bertemu perwakilan Pemkab Situbondo.

Menurutnya, kendala yang dihadapi oleh petani porang yaitu, umbi porang akan membusuk bila ditanam lewat batas waktu musim tanam. "Musim tanam itu bulan 10 hingga awal bulan 11," jelasnya. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES