Indonesia Positif

Lamongan Promosikan Seni Budaya dan Produk Unggulan di Anjungan Jatim TMII Jakarta

Rabu, 09 Juni 2021 - 20:12 | 94.55k
Penari sedang latihan Sendratari dengan cerita Prahara Kali Lamong untuk dipromosikan di Anjungan Jawa Timur TMII Jakarta, Rabu (09/06/2021), (FOTO: Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)
Penari sedang latihan Sendratari dengan cerita Prahara Kali Lamong untuk dipromosikan di Anjungan Jawa Timur TMII Jakarta, Rabu (09/06/2021), (FOTO: Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Lamongan Mifta Alamudin menuturkan, Lamongan mendapatkan kesempatan mempromosikan agenda tahunan pagelaran seni budaya dan produk unggulan se-Jatim di Anjungan Jawa Timur TMII Jakarta.

“Ini agenda tahunan yang difasilitasi Badan Penghubung Daerah Pemprov Jatim untuk menampilkan karya seni budaya dan produk unggulan se-Jatim di tingkat nasional. Untuk seni budaya agendanya tanggal 13 Juni 2021 sedangkan produk unggulan tanggal 12-13 Juni 2021,” ujar Mifta Alamudin, Rabu (09/06/2021).

Penari-sedang-latihan-Sendratari-dengan-cerita-Prahara-Kali-Lamong-2.jpg

Udin sapaan akrab Mifta Alamudin mengungkapkan, pagelaran seni budaya yang dipromosikan Kabupaten Lamongan itu pertunjukan yang menggabungkan antara seni tari dan drama Prahara Kali Lamong.

“Semua acara memang yang menyetting dari pihak penyelenggara (TMII). Jadi tiap tahun semua daerah menampilkan sendratari atau drama tari hanya kemasan atau ceritanya yg berbeda tiap tahunnya. Lamongan menampikan cerita Prahara Kali Lamong,” katanya.

Cerita Prahara Kali Lamong, jelas Udin, itu menampilkan cerita tentang Panji Laras Liris khususnya saat proses lamaran dengan Putri Kediri Andanwangi dan Andansari.

“Bukannya berlanjut ke proses pernikahan tapi malah berujung peperangan di perbatasan Lamongan (kali lamong),” akunya.

Penari-sedang-latihan-Sendratari-dengan-cerita-Prahara-Kali-Lamong-3.jpg

Pada 2 tahun yang lalu pada event yang sama dengan paket khusus, Udin menambahkan, Lamongan juga mempromosikan seni budaya Lamongan ke level nasional dan internasional. “Dalam acara tersebut duta negara sahabat juga turut hadir,” ucapnya

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lamongan Mokhammad Zamroni menyampaikan, produk unggulan yang dipromosikan di Anjungan Jatim TMII Jakarta kerajinan batik, produk makanan khas Lamongan, craft, souvenir, jajanan dan merchandise.

“Yang jelas mempromosikan kerajinan craf, batik sendang, tenun ikat, batik parengan dan beberapa olahan makanan,” ungkap Mokhammad Zamroni menjelaskan produk unggulan yang dipromosikan di Anjungan Jawa Timur TMII Jakartabersama dengan seni budaya Kabupaten Lamongan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES