Indonesia Positif

4 Pejabat Pemkab Pulau Morotai Bersaing Kompetitif Rebut Posisi Sekda

Rabu, 09 Juni 2021 - 19:58 | 66.54k
Calon Sekda Pulau Morotai, dari kiri depan Ida R Arsad, Suriani Antarani, dari kiri belakang Alfatah Sibua dan M Umar Ali. (FOTO: Abdul H Husain/TIMES Indonesia).
Calon Sekda Pulau Morotai, dari kiri depan Ida R Arsad, Suriani Antarani, dari kiri belakang Alfatah Sibua dan M Umar Ali. (FOTO: Abdul H Husain/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, MOROTAI – Sebanyak 4 Pejabat Tinggi Pratama dikabarkan bersaing kompetitif meraih kursi Sekertaris Daerah (Sekda) definitif dilingkup Pemkab Pulau Morotai, Maluku Utara yang masih diisikan Penjabat Andrias Thomas saat ini.

Sesuai jadwal seleksi Sekda yang ditetapkan Panitia Seleksi (Pansel) JPT Pratama bahwa pada Rabu (9/6/2021) ada memasuki tahapan seleksi Asesmen dan berlangsung di Kantor Bupati Pulau Morotai.

Itu terungkap setelah Panitia Seleksi (Pansel) mengumumkan seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Eselon II.a, pada jabatan Sekertaris Daerah (Sekda) Pemkab Pulau Morotai sejak 31 Mei dan saat ini seleksi sudah memasuki tahapan Asesmen, pada Rabu 9 Juni 2020.

Ketua Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (Pansel JPT) Pratama Kabupaten Pulau Morotai,Prof. DR. Husen Alting SH, MH dalam suratnya Nomor: 01/PANSEL-JPT.PM/V/2021 menjelaskan bahwa pengisian JPT Pratama tersebut sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017

tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian JPT Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Kemudian, Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan

Pengisian JPT Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah dan melaksanakan Surat Komisi Aparatur Sipil Negara Kepada Bupati Pulau Morotai Nomor B-1919/KASN/05/2021, Tanggal 27 Mei 2021, tentang Rekomendasi Rencana Seleksi Terbuka JPT Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Pulau Morotai.

Informasi yang dihimpun TIMES Indonesia, ada 4 pejabat yang mengikuti seleksi Sekda, diantaranya Asisten III Alfatah Sibua, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Suriani Antarani, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Kadis Perkimtan) Muhammad Umar Ali dan Kepala Dinas Pariwisata Ida R Arsad.

"Yang ikut seleksi Sekda ada 4 orang yaitu Kadis Perkim pak Amat, Asisten III pak Alfatah, Kepala BPKAD Ibu Antarani dan Kadis Pariwisata Ibu Ida," ungkap beberapa pejabat di lingkup Pemkab Morotai yang tidak mau namanya di publish, Rabu (9/6/2021).

Ada pun pejabat lain menyebutkan, bila dilihat dari sisi pangkat, banyak jabatan dan pengalaman serta Pendidikan maka Asisten III Alfatah Sibua mengungguli semua calon Sekda.

"Kalau lihat dari aspek kelayakan, seperti Pangkat, Jabatan, Pendidikan dan Pengalaman, Asisten III punya peluang menjadi Sekda, hanya kita tidak tahu soal faktor X," ungkap salah satu pejabat tanpa menjelaskan faktor X yang dimaksud.

Untuk mengkonfirmasi lebih jauh TIMES Indonesia coba mengkonfirmasi Sekda Pulau Morotai, Andreas Thomas, sekitar pukul 14:35 WIT, namun tidak berada di ruang kerjanya.

"Pak Sekda belum ada" ungkap Sesprinya.

TIMES Indonesia coba menghubungi melalui telepon selulernya sejak sore hingga malam ini pun tidak aktif alias luar jangkauan. Demikian juga Kepala BKD Pemkab Pulau Morotai, Kalbi Rasyid, hingga malam ini dikonfirmasi melalui telepon selulernya juga tidak aktif. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES