Peristiwa Internasional

Dua Pengajar Bahasa Indonesia di Australia Terima Penghargaan KJRI Sydney

Rabu, 09 Juni 2021 - 19:23 | 79.16k
Konjen Heru Hartanto Subolo memberikan penghargaan pada Erna Tan dan Stephanus Dharmanto, pengajar kelas Bahasa Indonesia di Australia (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)
Konjen Heru Hartanto Subolo memberikan penghargaan pada Erna Tan dan Stephanus Dharmanto, pengajar kelas Bahasa Indonesia di Australia (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, AUSTRALIA – Konsul Jenderal RI Sydney, Heru Hartanto Subolo memberikan penghargaan pada Erna Tan dan Stephanus Dharmanto, pengajar kelas Bahasa Indonesia di Australia. Acara  bertempat di Ruang Aula KJRI Sydney, Selasa (8/6/2021).

"Acara hari ini tidak hanya dalam rangka merayakan persahabatan antara KJRI Sydney dengan para pengajar dan peserta kelas Bahasa Indonesia, tetapi secara khusus juga sebagai wujud penghargaan yang tinggi atas komitmen, dedikasi dan kontribusi Ibu Erna Tan dan Bapak Stephanus Dharmanto, selaku pengajar kelas Bahasa Indonesia," ujar Konjen Heru Subolo. 

Konjen Heru Subolo juga menyampaikan apresiasi kepada para peserta kelas Bahasa Indonesia, yang semuanya merupakan warga negara Australia, atas minat dan semangat yang luar biasa dalam mempelajari Bahasa Indonesia.

"Program kelas Bahasa Indonesia ini merupakan wujud konkret dari upaya penguatan hubungan antar masyarakat Indonesia dan Australia sebagai bagian dari Indonesia Australia Comprehensive Strategic Partnership," pungkas Konjen yang akan mengakhiri masa tugasnya dalam waktu dekat ini.

kjri bahasa 01

Konjen RI Sydney, Heru Hantanto Subolo berfoto bersama penerima penghargaan KJRI Sydney untuk pengajar kelas Bahasa Indonesia di Australia (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

Sementara Erna Tan dan Stephanus Dharmanto, yang akrab disapa Pak Dhar, menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan KJRI Sydney yang telah memfasilitasi penyelenggaraan kelas Bahasa Indonesia sejak 8  tahun lalu. 

Ibu Erna maupun Pak Dhar memiliki pengalaman mengajar di Sydney lebih dari 25 tahun. Kedua sosok tersebut sangat berjasa, tidak hanya dalam memperkenalkan Bahasa Indonesia, tetapi juga sejarah dan keberagaman budaya Indonesia.

Mewakili 14 peserta kelas Bahasa Indonesia yang hadir, Robert 'Bob' Thurlow mengungkapkan bahwa dirinya sangat merasa terhormat atas dukungan dan sambutan hangat KJRI Sydney dalammemfasilitasi program kelas Bahasa Indonesia. 

kjri bahasa 02

Konjen RI Sydney, Heru Hantanto Subolo memberikan sambutan dalam acara penghargaan untuk pengajar kelas Bahasa Indonesia di Australia (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

Denganmenggunakan Bahasa Indonesia yang lancar, Bob menceritakan pengalaman dan kesan baik yang ia rasakan selama mengikuti program tersebut. Bagi Bob, mengikuti kelas Bahasa Indonesia, terutama di tengah pandemi COVID-19 dengan segala kebijakan pembatasan perjalanan, merupakan salah satu pengobat rindu terhadap Indonesia.

Program kelas Bahasa Indonesia telah difasilitasi oleh KJRI Sydney sejak 2013 atas inisiatif Dharma Wanita Persatuan (DWP) KJRI Sydney. Sejak saat itu, program tersebut rutin diselenggarakan setiap hari Selasa siang selama 2 jam. 

Namun, sejak pandemi Covid-19 melanda, program kelas Bahasa Indonesia di Australia yang diinisiasi KJRI Sydney ini melakukan penyesuaian dengan menyelenggarakan sebagian besar kelas secara daring. Hanya 1 kali dalam sebulan program ini diselenggarakan secara tatap muka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES