Pemerintahan

Atasi Kekeringan di Malang Selatan, Perumda Tirta Kanjuruhan Bangun Bak Penampung Air

Rabu, 09 Juni 2021 - 18:43 | 37.61k
Bupati Malang Abah didampingi Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan H Syamsul Hadi saat melakukan peletakan batu pertama bak penampung air untuk atasi Kekeringan di Malang selatan. (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia).
Bupati Malang Abah didampingi Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan H Syamsul Hadi saat melakukan peletakan batu pertama bak penampung air untuk atasi Kekeringan di Malang selatan. (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, MALANGPerumda Tirta Kanjuruhan membangun bak penampung air untuk mengatasi kekeringan di Malang selatan. Lokasi pembangunannya berada di Desa Segaran, Gedangan, Kabupaten Malang.

Peletakan batu pertama pembangunan bak penampung air tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Malang, Abah Sanusi, Rabu (9/6/2021). Hadir dalam kesempatan itu, Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan, H Syamsul Hadi.

Turut hadir, Dewan Pengawas Perumda Tirta Kanjuruhan, Priyo Sudibyo, Anggota DPRD Kabupaten Malang, Sudarman dan para pejabat maupun Kepala OPD Pemkab Malang.

Air.jpgKondisi lokasi peletakan batu pertama bak penampung air untuk atasi Kekeringan di Malang selatan. (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

Pembangunan bak penampung air guna mendukung proyek Sistem Penyediaan Air Minum atau SPAM Sumber Kaligoro untuk mengatasi kekeringan di Malang selatan.

Bupati Malang Abah Sanusi mengatakan, Pemkab Malang melalui Perumda Tirta Kanjuruhan terus berupaya memperluas cakupan air bersi di wilayah Malang Selatan.

"Harapannya nanti air minum ini tercukupi di Malang selatan, khususnya di Desa Segaran sebagai pusat sumbernya," ujarnya kepada TIMES Indonesia.

Lebih lanjut dia mengatakan, keberadaan air bersih ini sangat dibutuhkan masyarakat. Khususnya yang berada di Malang selatan, karena selama ini memang kesulitan air bersih terutama saat musim kemarau.

"Agar nanti kesejahteraan masyarakat meningkat. Seiring dengan mudahnya masyarakat Malang selatan mendapatkan air bersih melalui pembangunan ini," jelasnya.

Syamsul-Hadi-2.jpgBupati Malang Abah didampingi Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan H Syamsul Hadi saat meninjau desain pembangunan SPAM dan bak penampung air untuk atasi Kekeringan di Malang selatan. (FOTO: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

Sementara itu, Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan, H Syamsul Hadi menjelaskan spesifikasi bak penampung air Sumber Kaligoro tersebut. Yakni kapasitas sebesar tiga ribu meter kubik.

"Ini nantinya untuk memperluas cakupan air bersih di dua kecamatan yakni Gedangan dan Sumbermanjing wetan," ungkapnya di tempat yang sama.

Menurutnya, bak penampung air ini akan mendistribusikan air sebanyak 150 liter per detik.  "Pembangunan SPAM Kaligoro ada tiga tahap. Sedangkan untuk tahap pertama diharapkan selesai dalam waktu enam bulan," sebutnya.

Dia menegaskan, pembangunan bak penampung air dan SPAM yang dilakukan oleh Perumda Tirta Kanjuruhan tersebut untuk menjalani instruksi Bupati Malang Abah Sanusi dalam mengatasi kekeringan di Malang selatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES