Hukum dan Kriminal

Heboh Pelecehan Seksual Gofar Hilman, Ini Kronologi Lengkapnya

Rabu, 09 Juni 2021 - 15:39 | 90.44k
Penyiar radio, aktor dan juga Youtuber, Gofar Hilman. (FOTO: IG Gofar Hilman/@pergijauh)
Penyiar radio, aktor dan juga Youtuber, Gofar Hilman. (FOTO: IG Gofar Hilman/@pergijauh)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penyiar radio, aktor dan juga Youtuber, Gofar Hilman tengah jadi perbincangan warganet Tanah Air menyusul dugaan pelecehan seksual. Sontak, nama Gofar Hilman jadi trending topic di Twitter dan mesin pencarian Google.

Dugaan pelecehan seksual itu diungkap ke publik oleh akun Twitter @quweenjojo. Ia mengaku teman dekat Nikita Mirzani ini telah melecehkannya di tempat umum dalam sebuah acara di Malang, Jawa Timur, Agustus 2018 lalu.

Kronologi Bersama Gofar Hilman

Pada 9 Mei 2021 lalu, akun @quweenjojo secara singkat bercerita, bahwa dirinya pernah dapat pelecehan seksual dari salah satu orang terkenal. Dia meng-quote akun base yang bertanya pernah di-notice oleh publik figur siapa. 

"Dilecehkan secara seksual sama public figure di tempat umum pernahnya, udah gitu gue yg diteriakin oleh semua cowok-cowok yg ada di sana lagi 'dienakin kok gak mau?'," tulis akun @quweenjojo yang langsung bikin teman-temannya kaget.

Di situ akun @quweenjojo cerita singkat kalau kejadian tersebut membuatnya trauma, mute dan block hal-hal yang berhubungan dengan si publik figur, hingga jarang keluar rumah.

Setelah hampir sebulan mengaku dilecehkan publik figur, akun @quweenjojo akhirnya membuat utas untuk menceritakan kronologi kejadian tak mengenakkan yang dia alami. Akhirnya dia langsung bilang kalau sosok itu adalah Gofar Hilman. Kejadian berlangsung di event musik di Malang pada 2018 lalu.

"Beberapa orang tanya, beneran? Iya bener. Di Agustus 2018 gue dateng ke acara yang salah satu bintang tamunya Gofar Hilman di Malang. Di penghujung acara gue maju ke depan niat untuk keperluan Instastory. My mistake. Lalu Gofar tarik dan rangkul gue, ok gue pikir dia humble," tulis akun @quweenjojo, 8 Juni 2021.

Akun @quweenjojo bilang memang kesalahannya tiba-tiba ke depan untuk buat Insta Story yang membuatnya dirangkul oleh Gofar. Akhirnya ia mengira kalau sang Youtuber itu orangnya ramah, tapi ketika selesai bikin Insta Story. Ia mengaku langsung syok saat dua tangan Gofar masuk ke dalam dress-nya dari atas ke bawah dan langsung menggerayangi bagian sensitif di tubuhnya.

Meski sempat syok, akun @quweenjojo meminta untuk dilepaskan. Tapi sayangnya ada kejadian yang membuatnya jauh lebih muak. Para cowok di sana yang melihat dirinya digerayangi Gofar malah teriak dan menikmati 'pemandangan' itu sambil bilang 'Dienakin kok nggak mau'. Sebuah kalimat yang membuat akun @quweenjojo merasa harga dirinya rendah banget.

Beruntunglah ada seorang laki-laki yang menariknya. Si pria itu hanya bilang kalau pemilik akun @quweenjojo aman ada di dekatnya. Akun @quweenjojo  tidak ingat siapa yang menolongnya, namun ia berharap si penolong membaca cuitan dia. “Maaf gue belum sempet ngomong makasih banyak sudah nolongin. Gue berusaha stay cool saat itu tapi otak gue sebetulnya blank,” tulis akun @quweenjojo lagi.

Klarifikasi Gofar Hilman

Tak lama setelah tudingan ini mencuat, Gofar Hilman membuat klarifikasi lewat akun Twitter pribadinya. Bintang film Jomblo Ngenes membenarkan sebagian pengakuan warganet tersebut.

"Gue inget banget event itu, di acara tsb banyak cowok dan cewek yang minta Instastory, di sini gue minta maaf kepada semua pihak yang tidak nyaman ketika gue rangkul. Salah gue tidak meminta konsen akan rangkulan itu," tulisnya, Rabu (9/6/2021).

Namun ia membantah telah melakukan pelecehan seksual. Gofar Hilman juga telah mengonfirmasi kepada staf yang kala itu ada bersamanya. "Untuk masalah tuduhan pelecehan, di sini gue yakin tidak melakukan hal itu," imbuhnya.

"Ada dua orang yang dampingin gue saat itu, 1 orang cewek panitia dan 1 orang cowok asisten gue, mereka yang jagain gue sampe masuk mobil di akhir acara konfirmasi mereka bilang bahwa gue gak melakukan seperti yang dituduhkan tsb," ucap Gofar Hilman menambahkan.

Gofar Hilman pun berniat menuntaskan masalah ini lewat jalur hukum. Namun tak menutup kemungkinan bila ada upaya lain untuk menyelesaikan kasus dugaan pelecehan seksual yang viral di medsos itu.

"Biar sama-sama enak, gue siap menyelesaikan masalah ini sebaiknya sih secara hukum, tapi kalau ada usulan lain gue siap mendiskusikan masukannya. karena melibatkan fitnah pake nama gue di sini," tuturnya.

Namun Gofar Hilman juga membuka peluang untuk kemungkinan lain. Termasuk satu di antaranya melalui proses mediasi. "Tapi kalau ada usulan lain gue siap mendiskusikan masukannya," ucapnya.

Sejauh ini, Gofar Hilman merasa nama baiknya sudah dicemarkan. Dia juga sedang berupaya mengusut pengakuan @quweenjojo yang mengaku sebagai korban pelecehan seksualnya. "Karena melibatkan fitnah pake nama gue di sini. Tim gue sedang reach yang bikin thread tersebut, semoga bisa selesai secepatnya," ucap Gofar Hilman.

Mencari Saksi Gofar Hilman

Setelah berani buka suara, akun @quweenjojo kini mencari saksi yang mungkin melihat peristiwa tersebut. Salah satu usaha sang korban adalah mengunggah semacam video dokumentasi acara yang dihadirinya, begitupun Gofar Hilman.

"Minta tolong kalau kamu ada di video kerumunan ini atau kamu kenal orang-orang yang mungkin ada di video ini dan menghubungi aku ke mereka, tolong dm aku yaa," tulis @quweenjojo dikutip TIMES Indonesia, Rabu (9/6/2021).

Akun Twitter @quweenjojo sendiri sadar bahwa tak mudah mencari saksi peristiwa yang cukup merendahkan dirinya. Terlebih, tempat yang dulu mewadahi acaranya kini sudah tutup.

"Minta tolongg banget yang ada di Rumah Opa Agustus 2018 dan melihat kejadian itu, walau pun kamu yang teriak “dienakin kok nggak mau?” Aku maafin, tolong bantu aku," kata @quweenjojo.

"Aku butuh saksi karena nggak mudah cari bukti kejadian 3 tahun lalu, terlebih Rumah Opa udah tutup," tulis @quweenjojo menambahkan.

Lebih lanjut, @quweenjojo telah menghubungi pihak Gofar Hilman dan juga Panitia, di mana keduanya membantah kejadian yang dialaminya.

Kendati begitu, ia tetap bersikukuh bahwa pelecehan yang dialaminya tetap terjadi. "Aku sudah komunikasi dengan manajemen Gofar dan panitia acara. Panitia acara mengaku tidak melihat kejadian yang aku alami tulis @quweenjojo.

"Aku tekankan bukan berarti itu nggak terjadi. Kecuali dia AI yang mantengin terus guest starnya," cuit @quweenjojo  melanjutkan.

Pelecehan seksual yang yang diceritakan oleh akun @quweenjojo ini langsung membuat heboh dunia maya. Bahkan nama Gofar Hilman langsung jadi trending topic di Twitter dan mesin pencarian Google.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES