News Commerce

Hasil Uji Klinis, PRO EM-1 Terbukti Ampuh Sembuhkan Pasien Covid-19

Rabu, 09 Juni 2021 - 15:00 | 284.14k
Produk suplemen kesehatan probiotik PRO EM-1. (Foto: PT AMA for TIMES Indonesia)
Produk suplemen kesehatan probiotik PRO EM-1. (Foto: PT AMA for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Suplemen kesehatan probiotik, PRO EM-1 diyakini ampuh mencegah bahkan menyembuhkan pasien Covid-19. Hal itu terkuak setelah melewati uji klinis di RS Dr Soetomo Surabaya.

PRO EM-1 mengandung lima jenis spesies lactobacillus yang baik untuk tubuh yakni  L. Casei, L. Plantarum, L. Fermentum, L.bulgaricus, L. Rhamnosus dan Photosintetic bacteria, serta Rhodopseudomonas palustris.

probiotik PRO EM 1 2Produk Nano Spray.

Suplemen produksi PT Agro Mitra Alimentare ini telah terdaftar Badan Pengawas Obat dan Makan (BPOM). Bahkan produknya secara langsung ditinjau Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI), Penny K Lukito, di Pabrik PT AMA, Pakis, Kabupaten Malang, akhir tahun lalu.

Dengan demikian, produk suplemen PRO EM-1 resmi diizinkan beredar dan dikonsumsi masyarakat. Kini, produknya juga telah diperjualbelikan secara resmi melalui berbagai platform penjualan.

Hasil Uji Klinis

Direktur utama PT Agro Mitra Alimentare, Apt. Ge Recta Geson, S.Si, menjelaskan bahwa PRO EM-1 merupakan pembangun mikrobiota yang sehat yaitu mikrobiota yang beragam dan seimbang terdiri dari minimal 80 persen probiotik.

Produk ini telah melewati dua kali uji klinis. Pertama, ditujukan kepada tenaga kesehatan di RSUD Dr Soetomo Surabaya yang merawat pasien Covid-19 setiap hari dengan risiko besar terpapar.

Mereka diberi PRO EM-1 dengan dosis 15 ml yang dikonsumsi setiap pagi dan malam setelah makan selama 28 hari. Hasilnya disebutkan, terjadi penurunan parameter gejala klinis: Jackson Score dengan skor berkisar dari 1.07 ke 1.03.

Selain itu juga terjadi penurunan parameter: IL -1, IL-6, TNF-a, IFN-b, dan parameter Anti-Inflamasi: IL-10, memberikan data klinis bahwa tidak terjadi infeksi Covid-19 serta imun selalu termodulasi dalam keadaan seimbang untuk mencegah terjadinya infeksi.

"Ada 100 tenaga kesehatan yang diberi PRO  EM-1. Terjadu hasil uji klinis mereka jadi lebih sehat," kata Recta kepada TIMES Indonesia, Rabu (9/6/2021).

Hasil uji klinis kedua, yakni kepada tenaga kesehatan yang dibagi dua kelompok sebagai terapi penunjang di RSUD Dr Soetomo Surabaya. Ada 30 tenaga kesehatan yang diuji dengan dibagi dua kelompok, yakni kelompok case groups atau kelompok treatment dan control group.

Hasilnya, durasi infeksi pada kelompok treatment 15,20 kurang lebih 13,078, lebih cepat dibandingkan control group 21,40 kurang lebih 14,401. Artinya, tingkat kesembuhan pada kelompok treatment lebih cepat dibandingkan control group.

probiotik PRO EM 1 3Direktur utama PT Agro Mitra Alimentare, Apt. Ge Recta Geson, S.Si menjelaskan produk PRO EM-1.

Recta menjelaskan, rata-rata Ct value pada kelompok treatment 29,74 kurang lebih 5,45, lebih tinggi dibandingkan control group. Artinya, viral load pada kelompok treatment lebih rendah daripada control group.

"Yang terpenting adalah tidak terjadi reinfeksi pada kelompok treatment dan terjadi reinfeksi pada control group," tuturnya.

Kesimpulannya pada hasil uji klinis, sambungnya, penelitian ini menjadi harapan besar di masa mendatang bagi penyembuhan infeksi virus melalui mekanisme imonumodulasi dengan suplementasi PRO EM-1.

"Penelitian ini menyarankan untuk suplementasi PRO EM-1 untuk pencegahan dan pengobatan Covid-19," terangnya.

Ke depan, pihaknya akan terus mengembangkan hasil penelitian ini dengan sampel lebih banyak lagi. Awalnya 30 sampel ini telah melalui screening sesuai syarat dan kriteria.

Pasien Covid-19 Sembuh 4 Jam 

Recta menerangkan berdasarkan hasil testimoni, yang dialami oleh seseorang pengguna PRO EM-1 mengaku, merasakan manfaat setelah konsumsi PRO EM-1 dengan rekor tercepat penyembuhan dalam waktu 4 jam.

"Jam 12 dia dinyatakan positif Covid-19, dan langsung konsumsi PRO EM-1, ditambah lagi dengan produk spray, jam 4 dia negatif Covid-19. Bukan hanya diminum tapi juga di spray. Ini testimoninya," bebernya gamblang.

Produksi 43.200 Botol

PT AMA sejak Maret 2020 hingga Maret 2021 mencatat telah memproduksi 24 tangki dengan kapasitas 1 tangki bisa 1.800 botol. Sedangkan yang sudah terdistribusi ke masyarakat terjadi fluktuasi.

Ia mengingatkan saat ini masyarakat banyak yang abai menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Terutama setelah adanya program vaksinasi Covid-19.

Padahal, lanjutnya, konsumsi vitamin dan suplemen penting untuk menjaga imun tubuh. Selain itu masyarakat juga diimbangi menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

PRO EM-1 mempunyai dua varian dengan kapasitas 473 ml dengan harga Rp 350 ribu dan 90 ml dengan harga Rp 75 ribu. Satu produk lagi yakni spray dengan harga Rp 33 ribu.

Untuk pemesanan PRO EM-1, masyarakat bisa langsung memesan ke distributor resmi di CV Anugerah Mitra Restu atau langsung ke official store di http://www.agromitra.co.id. Produk ini juga tersedia di e-commerce Shopee dan Tokopedia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES