Entertainment

Sejarah Hari Ini: 9 Juni, Mengenal Donald Duck si Bebek Paling Terkenal di Dunia

Rabu, 09 Juni 2021 - 12:28 | 273.12k
Donald Duck. (FOTO: wallpaperflare.com)
Donald Duck. (FOTO: wallpaperflare.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTASejarah hari ini memunculkan sosok Donal Bebek atau Donald Duck, bebek paling terkenal di dunia. Bebek berkepala panas, antropomorfik yang sering menjadi korban nasib buruk buatan Walt Disney ini tampil perdana pada 9 Juni 1934. Ia menggunakan baju pelaut berwarna biru tanpa celana yang bertahan sampai sekarang.

Saat perdana tampil tersebut, Donal Bebek membintangi salah satu film yang bernama The Wise Little Hen. Kalimat pertama saat perdana tampil adalah “who ? Me? Oh, no! I’ve got bellyache” yang artinya “Siapa? Aku? oh! Tidak, aku sakit perut”.

Donald Duck 2Sumber: WallpaperAccess

Tak lama setelah film perdananya, Donal juga banyak uncul di film-film lainnya. Salah satu contohnya adalah The Orphans. Saat bermunculan dimana-mana, Donal mulai memiliki banyak penggemar. Untuk menjaga kekhasan tokoh Donal, dari dulu hingga saat ini kostumnya selalu menggunakan baju pelaut biru tanpa celana.

Hal yang menarik, supaya perkataan tokoh Donal Bebek ini dapat dimengerti masyarakat, maka diubuatkan tokoh lain disampingnya untuk mengulang apa yang dikatakan Donal. Pengisi suara Donal Bebek adalah Clarence Nash.

Awalnya Nash adalah penyiar radio yang sedang melakukan siaran iklan dengan menirukan suara bebek berbicara. Hal ini secara tidak sengaja membuat Walt Disney memanggilnya untuk mengisi suara karakter Donal Bebek. Semasa hidupnya, dirinya terus mengisi suara menghidupkan karakter Donal Bebek hingga ajal menjemput Nash tahun 1985.

Setelah cukup lama tampil sendirian, Donal akhirnya diceritakan memiliki tiga keponakan yakni, Huey, Dewey, dan Louie atau biasa dikenal Kwik, Kwek, dan Kwak. Selain keponakan, Donal juga diberi seorang kekasih bernama Daisy Duck atau Desi si Bebek.

Donald Duck 3Sumber: aminoapps.com

Pada 1943, keluarga Donald Duck bertambah dengan hadirnya "Bebek Terkaya Sedunia" Scrooge McDuck (Gober Bebek), "Angsa paling beruntung" Gladstone Gander (Untung Angsa), dan "Penemu Jenius" Gyro Gearloose (Lang Ling Lung) dan beberapa karakter lainnya. Selain itu, Donal Bebek juga diberi kota tempat ia tinggal bernama Duckburg atau Kota Bebek yang terletak di Calistona, AS.

Dikutip dari Disney Wikia Fandom, Donal Bebek membintangi lebih dari 190 film, filmografi Donal bahkan melampaui film karakter Walt Disney lainnya. Donal bahkan mendapat beberapa penghargaan termasuk Academy Awards dan masuk dalam Hollywood Walk of Fame dan jejak kaki yang disemen di Teater Cina. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES