Pendidikan UIN Malang

Pengelolaan Program Kemahasiswaan 2021 Fokus Tiga Sektor

Rabu, 09 Juni 2021 - 09:42 | 29.52k
Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag, Warek 3 bidang kemahasiswaan UIN Maliki Malang saat mempresentasikan materi. (Foto: Tangkapan Layar)
Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag, Warek 3 bidang kemahasiswaan UIN Maliki Malang saat mempresentasikan materi. (Foto: Tangkapan Layar)

TIMESINDONESIA, MALANG – Wakil Rektor 3 (Warek 3) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang), Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag mengsosialisasikan pengelolaan kegiataan program kemahasiswaan 2021 melalui zoom meeting dan streeming youtube pada Selasa (8/6/2021). Sosialisasi tersebut diikuti oleh mahasiswa UIN Maliki Malang yang berkecimpung di organisasi baik dari mahasiswa himpunan, dewan mahasiswa, senat mahasiswa, maupun unit kegiatan mahasiswa (UKM).

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Terdapat tiga fokus kebijakan strategis bidang kegiatan kemahasiswaan. Yang pertama penguatan dan peningkatan pengelolaan kegiatan kemahasiswaan. Yang kedua, penguatan dan peningkatan pengelolaan alumni dan kerjasama dengan alumni. Dan yang ketiga, pengendalian moderasi beragama," tutur Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag, Warek 3 bidang kemahasiswaan UIN Maliki Malang.

kemahasiswaan UIN Maliki Malang 2

Isroqunnajah menjelaskan, terkait dengan strategis yang pertama ada enam item yang harus di realisasikan. Enam item tersebut yaitu yang pertama semua kegiatan kemahasiswaan di orientasikan kepada pembentukan karakter ulul albab. Yang kedua, 20% kegiatan kemahasiswaan berpotensi tingkat regional dan atau internasional.

Yang ketiga, 30% kegiatan kemahasiswaan diarahkan pembentukan dan penguatan berpikir kritis dan kontruktif akademik. Yang keempat, 30% kegiataan kemahasiswaan diarahkan ke pembentukan kepemimpinan.

Yang kelima, 20% kegiatan kemahasiswaan diarahkan ke pembentukaan jiwa kepedulian sosial dan mandiri. Dan yang keenam, tidak ada individu atau organisasi menganut atau berkoalisi faham radikalisme.

"Ada elemen bangsa yang masih konsen bergerak pada bidang yang tidak dimiliki oleh pejabat yaitu tentang spiritualitas dan moralitas. Itulah yang menjadikan kampus ini secara formal mengawinkan pendidikan tinggi dengan pendidikan pesantren," imbuhnya.

kemahasiswaan UIN Maliki Malang 3

Ia menjelaskan, pada tahun 1998 apabila bangunan perguruan tinggi adalah sebuah pilar bangunan maka pilar perguruan tinggi UIN Maliki Malang ada empat, yang pertama adalah kedalaman spiritual, yang kedua adalah keluhuran akhlak, yang ketiga adalah keluasan ilmu pengetahuan, dan yang keempat adalah kematangan profesionalitas.

Pada pilar yang pertama dan kedua apabila di presentasikan 80%nya ada di makhad dan yang 20% diserahkan ke fakultas atau lini-lini yang lain. Kemudian pada pilar yang ketiga dan keempat 90%nya diserahkan kepada fakultas dan 10% diserahkan kepada yang lain.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Itulah karenanya kegiatan kemahasiswaan yang sepertinya cermonial tapi tidak bisa dianggap remeh. Organisasi baik UKM dan lainnya tidak hanya saja menyuarakan visi misi tapi sebelum kegiatan dimulai diawali dengan mengaji atau adanya kajian-kajian terlebih dahulu," kata Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag, Warek 3 bidang kemahasiswaan UIN Maliki Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES