Pendidikan

Wujudkan Smart Campus di Indonesia, IPDN Luncurkan SCDB

Rabu, 09 Juni 2021 - 08:54 | 48.13k
Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Dr. Hadi Prabowo, M.M., saat meresmikan Smart Campus Data Base (FOTO: Humas IPDN for TIMES Indonesia)
Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Dr. Hadi Prabowo, M.M., saat meresmikan Smart Campus Data Base (FOTO: Humas IPDN for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMEDANG – Di tengah kondisi pandemi Covid-19 Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tetap konsisten memberikan inovasi yang terbaik agar dapat merealisasikan visi dan misinya yakni, menjadi Smart Campus di Indonesia. Hal ini terbukti dengan diresmikannya Smart Campus Data Base (SCDB) secara langsung oleh Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, M.M.,

"SCDB merupakan pangkalan data dan informasi yang terintegritas secara online dan dapat diakses secara umum, khususnya civitas academica guna mendapatkan data/informasi mengenai IPDN," ujar Rektor kepada wartawan di Kampus IPDN Jatinangor, Rabu (9/6/2021). 

Rektor mengatakan, seluruh aplikasi yang ada pada unit atau bagian di IPDN, kini diintegrasikan menjadi satu data base dalam laman scdb.ipdn.ac.id.

"Perubahan teknologi di era industri 4.0 ini semakin cepat. Sehingga, untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi ini IPDN harus memiliki satu data base. Dimana semua data atau informasi yang berkaitan dengan IPDN dapat diakses langsung melalui SCDB," terangnya. 

Jadi, sambung Rektor, semua kegiatan dan informasi baik yang dilakukan di IPDN kampus pusat maupun kampus daerah semuanya terintegrasi di SCDB. 

"SCDB IPDN berisikan 12 modul dan 14 hyperlink, didalamnya publik internal IPDN maupun masyarakat luas dapat melihat informasi atau data terkait tenaga pengajar, produk hukum, kepegawaian, praja, alumni, perjanjian kerja sama, berita-berita yang memuat IPDN, informasi mengenai kegiatan di IPDN kampus daerah, pasca sarjana, sarana hingga prasarana dan lain sebagainya," terang Rektor. 

Menurut Rektor, kedepannya IPDN akan terus melakukan upgrade terhadap SCDB agar IPDN dapat secara maksimal melakukan pelayanan kepada masyarakat luas. 

"Kedepan, kami akan terus berusaha untuk mengintegrasikan SCDB dengan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta pihak-pihak lain yang ada keterikatan dengan IPDN," katanya. 

Selain itu, imbuh Rektor, Smart campus merupakan sebuah sistem pengelolaan manajemen sekolah yang meliputi akademik, administrasi dan informasi dalam satu platform aplikasi yang selalu terkoneksi dan update. 

"Konsep smart campus sendiri mulai diterapkan oleh IPDN dengan memadukan sistem pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi, Selain SCDB, implementasi smart campus IPDN sejalan dengan salah satu prodi yang ada di IPDN yakni teknologi rekayasa informasi," tandas Rektor IPDN didampingi Kepala Bagian Kerja Sama dan Humas Ervin Fahlevi, S.Sos., M.M. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES