Olahraga

Siap Jalani Tes Medis, Ini Profil Striker Anyar Persebaya Surabaya Jose Wilkson

Selasa, 08 Juni 2021 - 15:18 | 53.01k
Jose Wilkson Teixeira Rocha dalam sesi wawancara bersama Persebaya jelang tes medis. (FOTO: Tangkapan layar)
Jose Wilkson Teixeira Rocha dalam sesi wawancara bersama Persebaya jelang tes medis. (FOTO: Tangkapan layar)

TIMESINDONESIA, SURABAYAJose Wilkson Teixeira Rocha, striker asing anyar rekrutan Persebaya Surabaya sudah tiba di Surabaya, Senin (7/6/2020) malam kemarin setelah lima hari menjalani karantina di Jakarta.

Hari ini, Selasa (8/6/2021) Wilkson bersiap menjalani tes medis untuk mengetahui kondisi fisiknya sebelum bergabung bersama klub.

Nama Wilkson benar-benar baru di industri sepak bola Indonesia. Sejak 2017 hingga 2019 dirinya lebih banyak bermain di negeri asalnya, Brasil.

Associação Esportiva Tiradentes adalah klub profesional pertama yang ia bela. Beberapa klub lain yang pernah ia perkuat seperti Centro Esportivo União, Carapebus, Caucaia Esporte Clube, Maranguape FC, dan Associação Esportiva Tiradentes bukan merupakan tim di liga papan atas Brasil.

Kendati demikian, karirnya mulai berkembang saat ia hijrah ke Eropa. Musim 2018-2019 ia habiskan bersama Mikkelin Palloilijat yang lolos ke kasta kedua Liga Finlandia.

Ketatnya persaingan membuat Wilkson minim mendapat tempat di tahun pertamanya. Total ia hanya mencatatkan satu pertandingan dengan satu gol pada laga melawan JIPPO di kompetisi Kakkonen Cup.

Musim berikutnya Wilkson mampu menunjukkan tajinya, setelah Senglea Athletic FC klub kasta tertinggi Liga Malta memberinya kesempatan bermain. Dirinya mampu menyumbangkan tujuh gol dan satu asis dalam 21 pertandingan.

Meski secara pribadi Wilkson tampil gemilang, Senglea Athletic FC hanya mampu finish di peringkat 13 dari 14 klub yang bertarung.

Walau timnya gagal, kemampuan striker asal Negeri Samba ini mulai mencuri perhatian klub-klub besar Malta. Hibernians FC adalah yang berhasil mendapatkan jasanya.

Pada 4 Agustus 2020, tim yang musim lalu meraih peringkat tiga ini kemudian menduetkannya dengan Tiago Adan yang sama-sama berasal dari Brasil.

Wilkson dalam kesempatan itu menorehkan dua gol dan enam asis dalam 21 pertandingan. Penyerang kelahiran 22 Maret 1992 itu juga ikut meloloskan Hibernians FC di babak kualifikasi Liga Europa 2020-2021.

Namun sayang, di ajang tersebut rekrutan anyar Bajol Ijo ini hanya mampu tampil sebanyak dua kali tanpa mencetak gol sama sekali meski bermain sebagai starter sejak kick off babak pertama dimulai.

Menariknya ada chemistry yang sudah terbentuk di antara dua pemain asing baru Persebaya Surabaya, yakni Jose Wilkson dan Taisei Marukawa. Keduanya sama-sama bermain untuk Senglea Athletic FC di Malta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES