Glutera News

5 Cara Mudah untuk Menunda Menopause

Senin, 07 Juni 2021 - 14:58 | 7.01k
Editor: Dhina Chahyanti

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menopause merupakan berakhirnya siklus menstruasi secara alami. Biasanya terjadi saat wanita memasuki usia 45 hingga 55 tahun. Seorang wanita dikatakan sudah menopause bila tidak mengalami menstruasi lagi, minimal 12 bulan.

Tidak hanya berhenti menstruasi, banyak perubahan lain terjadi dalam tubuh wanita yang menopause, mulai dari penampilan fisik, kondisi psikologis, hasrat seksual, hingga kesuburan. 

Wanita yang sudah menopause tidak bisa hamil lagi.

Menopause sebenarnya adalah fenomena alami yang akan dialami oleh setiap wanita. Namun, tidak sedikit wanita yang takut atau belum siap. Apalagi, tidak jarang Anda juga bisa mengalami menopause dini. 

Apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk menunda atau memperlambat terjadinya menopause? Berikut penjelasan lengkapnya.

Glutera Col

Cara menunda menopause 

Menopause menjadi salah satu kondisi yang akan dialami setiap wanita dan disebut sebagai titik perubahan dalam hidup wanita.

Mengutip dari Cleveland Clinic, menopause adalah tahap dalam hidup ketika Anda tidak lagi mengalami menstruasi. Ini merupakan kondisi normal dari penuaan dan menandai akhir dari masa reproduksi.

Walaupun setiap orang dapat mengalami gejala perimenopause yang berbeda-beda, tanda yang muncul tak jarang cukup mengganggu.

Sebagai contoh, siklus menstruasi yang tidak teratur, mengalami sulit tidur, perubahan suasana hati, hingga hot flashes.

1. Olahraga teratur

Menopause dini dapat terjadi ketika Anda tidak menjaga kesehatan tubuh sehingga racun di dalam tubuh terus menumpuk.

Apalagi, Anda tidak pernah melakukan aktivitas fisik seperti olahraga yang juga bisa memicu penuaan dini. Maka dari itu, salah satu cara memperlambat atau menunda menopause adalah dengan berolahraga secara teratur.

Hal ini karena racun di dalam tubuh akan keluar bersamaan dengan keringat. Lalu, manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan sirkulasi darah dan melancarkan siklus menstruasi Anda.

Tidak hanya itu saja, olahraga secara teratur juga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang. Pasalnya saat menopause, Anda bisa mengalami hilangnya kepadatan tulang.

Glutera GSH

2. Mengonsumsi asupan nutrisi yang tepat

Seiring bertambahnya usia, hormon reproduksi juga dapat mengalami penurunan. Salah satunya, indung telur mulai lebih sedikit menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. Hal ini pula yang menjadi penyebab terjadinya menopause.

Maka dari itu, Anda juga bisa melakukan tips menunda atau agar tidak cepat menopause dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan gizi.

Lalu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan penunda menopause dengan kandungan seperti fitoestrogen (kedelai), asam lemak omega, hingga kacang-kacangan. Asupan yang banyak mengandung antioksidan kuat sepeti glutathione, mesti dikonsumsi setiap hari, apalagi usia di atas 40 tahun jumlah glutahione dalam tubuh tinggal 50%.

Selain itu, makanan dengan nutrisi serta gizi seimbang juga bermanfaat untuk menjaga berat badan. Apalagi, saat gejala menopause muncul ada kemungkinan Anda lebih mudah mengalami kenaikan berat badan.

3. Menjaga pola tidur

Sebagian orang pasti pernah atau masih mengalami sulit tidur. Tidak ada salahnya mulai sekarang Anda mengubah kebiasaan untuk meningkatkan kualitas tidur.

Hal yang bisa Anda lakukan adalah mengubah jadwal tidur, berolahraga, menghindari kafein, hingga mempelajari teknik relaksasi.

Ini juga merupakan cara menunda serta mencegah gejala menopause yang cukup mengganggu, yaitu sulit tidur. Saat gejalanya tiba, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan sebagian cara di atas.

NOX

4. Mengonsumsi kalsium dan vitamin D

Vitamin D mempunyai fungsi untuk melindungi tubuh dari penyakit, mencegah penuaan dini, serta meningkatkan keseimbangan hormon.

Tidak ada salahnya bagi Anda untuk rutin mengonsumsi suplemen atau makanan dengan kandungan vitamin D sebagai cara menunda menopause.

Begitu juga dengan menjaga asupan kalsium. Kedua kandungan ini bisa membantu Anda menjaga kepadatan tulang serta mencegah pengeroposan tulang saat menopause. Terlebih kandungan kolagen yang membantu mencegah keriput pada kulit.

5. Berhenti merokok 

Mengutip dari Mayo Clinic, merokok dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, osteoporosis, kanker, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Merokok juga dapat meningkatkan risiko menopause dini serta gejala seperti hot flashes. Perlu diketahui bahwa merokok dapat menghambat sirkulasi darah di dalam tubuh Anda.

Semakin sedikit darah yang mengalir ke rahim dan ovarium, maka besar kemungkinannya untuk mengalami siklus menstruasi tidak teratur.

Jadi, dapat dikatakan bahwa berhenti merokok juga menjadi salah satu tips menunda sekaligus agar tidak cepat menopause. 

Sudah dipaparkan sedikit di atas bahwa menopause bukanlah kondisi yang dapat dicegah. 

Namun, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menjaga kesehatan sedini mungkin agar gejala menopause yang terasa nantinya tidak terlalu berat.
Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jelas dan bisa menyesuaikan dengan kondisi kesehatan saat ini. (*)



Publisher : Rochmat Shobirin

EKORAN

TERBARU

  • Kampung Tangguh Narkoba untuk Berantas Peredaran Narkoba di Probolinggo
    Kampung Tangguh Narkoba untuk Berantas Peredaran Narkoba di Probolinggo
    16/06/2021 - 17:46
  • Di Webinar PA GMNI, Ahmad Basarah: Pancasila Terbukti Persatukan Keragaman Indonesia
    Di Webinar PA GMNI, Ahmad Basarah: Pancasila Terbukti Persatukan Keragaman Indonesia
    16/06/2021 - 17:25
  • Bunda Salud Diminta Sosialiasi Keselamatan Berkendarara Hingga ke Tiap Desa
    Bunda Salud Diminta Sosialiasi Keselamatan Berkendarara Hingga ke Tiap Desa
    16/06/2021 - 17:17
  • Kasus Covid-19 Melonjak, Operasi Yustisi di Majalengka Ditingkatkan
    Kasus Covid-19 Melonjak, Operasi Yustisi di Majalengka Ditingkatkan
    16/06/2021 - 17:03
  • Dari Zona Kuning Penyebaran Covid-19, Status Lamongan Meningkat Jadi Zona Oranye
    Dari Zona Kuning Penyebaran Covid-19, Status Lamongan Meningkat Jadi Zona Oranye
    16/06/2021 - 16:56

TIMES TV

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

01/04/2021 - 15:58

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi
Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo

Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo
Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan

Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan
The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Pemilu dan Sirkulasi Kepemimpinan
    Pemilu dan Sirkulasi Kepemimpinan
    16/06/2021 - 11:24
  • Empat Pilar untuk Harmonisasi dan Keluhuran Budaya Bangsa
    Empat Pilar untuk Harmonisasi dan Keluhuran Budaya Bangsa
    16/06/2021 - 10:05
  • Infrastruktur Pembelajaran Online Yang Kuat Adalah Kunci Masa Depan Pendidikan Tinggi
    Infrastruktur Pembelajaran Online Yang Kuat Adalah Kunci Masa Depan Pendidikan Tinggi
    16/06/2021 - 09:06
  • Catatan Anwar Sadad; Kiai Nawawi Bertemu Malaikat Maut
    Catatan Anwar Sadad; Kiai Nawawi Bertemu Malaikat Maut
    16/06/2021 - 08:30
  • Surat Kesatu: Untuk Pembelajar Pluralisme dan Kebangsaan
    Surat Kesatu: Untuk Pembelajar Pluralisme dan Kebangsaan
    15/06/2021 - 08:40
  • Ichhatigkeit
    Ichhatigkeit
    14/06/2021 - 13:29
  • Kacamata Akademisi: Tes Wawasan Kebangsaan Berujung Peretasan?
    Kacamata Akademisi: Tes Wawasan Kebangsaan Berujung Peretasan?
    14/06/2021 - 13:06
  • Distrosi di Balik Sebuah Inovasi Pendidikan
    Distrosi di Balik Sebuah Inovasi Pendidikan
    14/06/2021 - 11:33

KULINER

  • Promo Asian Feast Jadi Menu Andalan Baru di Grand Ambarrukmo Yogyakarta
    Promo Asian Feast Jadi Menu Andalan Baru di Grand Ambarrukmo Yogyakarta
    16/06/2021 - 16:48
  • Kampung Adat Segunung, Desa Wisata Alam dengan Kekuatan Budaya Lokal
    Kampung Adat Segunung, Desa Wisata Alam dengan Kekuatan Budaya Lokal
    16/06/2021 - 07:45
  • Segarkan Siang Bersama Dessert Ala Timtong
    Segarkan Siang Bersama Dessert Ala Timtong
    15/06/2021 - 07:32
  • ASTON Kuta Hotel & Residence Sajikan “SUNSET BBQ is BACK”
    ASTON Kuta Hotel & Residence Sajikan “SUNSET BBQ is BACK”
    15/06/2021 - 03:12
  • Dawet Ayu Bu Seni, Satu-Satunya Kuliner Tradisional di Taman Ganjaran
    Dawet Ayu Bu Seni, Satu-Satunya Kuliner Tradisional di Taman Ganjaran
    13/06/2021 - 16:03