Pendidikan

SMPN 4 Cilacap Sosialisasikan Prokes Covid-19 Lewat Podcast

Selasa, 08 Juni 2021 - 13:05 | 61.97k
SMPN 4 Cilacap membuat sendiri alat -alat untuk sosialisasi Prokes Covid-19 Lewat Podcas (FOTO : Heni For TIMES Indonesia)
SMPN 4 Cilacap membuat sendiri alat -alat untuk sosialisasi Prokes Covid-19 Lewat Podcas (FOTO : Heni For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAP – Di tengah melonjaknya kasus Covid-19 paska lebaran 2021, beragam cara dilakukan untuk mensosialisasikan protokol kesehatan di Wilayah Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Cara yang cukup menarik dilakukan oleh SMPN 4 Cilacap.

Mereka mensosialisasikan prokes melalui media Podcast. Menariknya lagi, perlengkapan Podcast kebanyakan berbahan barang-barang bekas.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMPN 4 Cilacap Landung Baskoro mengungkapkan, media Podcast dinilainya saat ini cukup efektif menyasar para siswa.

SMPN 4 Cilacap b

"Beberapa bulan lalu kami juga sudah mengunggah video simulasi prokes di sekolah melalui kanal youtube kami," katanya, Selasa (8/6/2021).

Ternyata podcast kami, lanjut Landung Baskoro, lebih efektif karena ada interaksi wawancara dan ngetren juga saat ini. Selain berbentuk video, ia juga bisa kirimkan pesan suara ke para siswa.

Hal itu, jelasnya, terasa lebih efektif karena tidak begitu memberatkan kuota paket internet siswa.

"Kalau video kan berat untuk memutar di gawai atau mengunduhnya. Kalau suara saja kan cukup ringan. Melalui wali kelas, podcast tersebut bisa dibagikan ke seluruh siswa lewat aplikasi WA grup," tambah Calon Guru Penggerak tersebut.

Kepala SMPN 4 Cilacap Sarwadi mengungkapkan, dirinya mendukung penuh aksi nyata berupa podcast tersebut. Karena kreasi guru dan siswa yang menuju pada kemajuan sekolah harus didukung. Apa lagi biayanya relatif murah.

SMPN 4 Cilacap c

"Saya bangga anak-anak tidak sungkan menggunakan barang-barang bekas yang diperbaiki. Mulai dari kursi saya yang tadinya rusak, hendel mic bekas masjid yang diperbaiki dan lain-lain. Artinya mereka paham betul bahwa sekolahnya Adiwiyata, sehingga prinsip reduce reuse resicle benar-benar diterapkan," papar Sarwadi.

Selain itu, dengan Podcast para siswa juga berlatih komunikasi publik yang baik serta berfikir dan bertanya secara kritis kepada narasumber yang mengisi materi Podcast.

"Podcast ini kalau serius dikembangkan, bisa mengasah kemampuan bertanya dan berfikir kritis sebagai kompetensi yang dibutuhkan di abad 21," jelas Kepala SMPN 4 Cilacap Sarwadi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES