Politik

Safari Politik ke Golkar Jatim, Kunjungan Emil Dardak Sudah Seizin Khofifah 

Selasa, 08 Juni 2021 - 11:10 | 32.43k
Plt Ketua Demokrat Jatim Emil Dardak bersama Ketua Golkar Jatim M Sarmuji, Senin (7/6/2021) malam.(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Plt Ketua Demokrat Jatim Emil Dardak bersama Ketua Golkar Jatim M Sarmuji, Senin (7/6/2021) malam.(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Plt Ketua Partai Demokrat Jatim Emil Dardak bertemu jajaran Pengurus Partai Golkar Jatim di Kantor Golkar Jatim, Surabaya, Senin (7/6/2021) malam. 

Emil datang bersama Plt Sekretaris Demokrat Jatim Bayu Airlangga dan Plt Bendahara Demokrat Jatim Sri Subiati. Kehadiran rombongan partai Demokrat tersebut disambut hangat oleh Ketua Partai Golkar Jatim, M Sarmuji.

Pada kesempatan tersebut, Emil Dardak  mengatakan, tujuan silaturahmi ini merupakan kunjungan persahabatan dan bentuk kolaborasi. 

Kehadiran Emil juga atas sepengetahuan Gubernur Jatim Khofifah. Mengingat, Emil yang saat ini memimpin Demokrat Jatim adalah Wakil Gubernur Jatim. Sementara Demokrat dan Golkar adalah dua partai pendukung Khofifah saat Pilgub 2018.

emil dardak bPertemuan jajaran Pengurus Partai Demokrat Jatim dan Golkar Jatim, Senin (7/6/2021) malam.(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia) Foto 3 : Jajaran Pengurus Partai Demokrat Jatim dan Golkar Jatim foto bersama usai pertemuan, Senin (7/6/2021).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia) 

"Ya, memang kita ini sudah satu wadah lah, bersama Bu Khofifah juga, saya juga menyampaikan pada Bu Khofifah. Bu, ada terjadwal silaturahmi Demokrat dengan Golkar," katanya.

"Beliau sangat senang, kalau partai yang bersama-sama dengan Bu Khofifah ini saling bersinergi," tambah Emil usai pertemuan. 

Emil menuturkan, pertemuan ini sangat cair. Karena kedua organisasi membahas penguatan sinergitas. Banyak jokes-jokes segar mengalir. "Jadi tadi banyakan guyon, apalagi kalau dengan beliau-beliau ini suasana jadi cair," tandasnya.

Namun, mereka juga membahas beberapa obrolan serius tentang peta perpolitikan dan demokrasi. Serta fungsi partai sebagai penyambung aspirasi rakyat.

"Tapi kita juga sama-sama memastikan, terutama saya sebagai wakilnya ibu gubernur, bahwa apapun ruang-ruang untuk memastikan bahwa kita bisa menjawab harapan masyarakat itu, tetap jangan sampai ada hambatan untuk menyampaikan masukan dan aspirasi," bebernya. 

Oleh sebab itu, Demokrat dan Golkar sepakat bersinergi semaksimal mungkin membawa gerbong pemerintahan yang lebih baik. Terutama bagi jajaran legislatif dari partai masing-masing.

"Kami tentunya akan bersinergi semaksimal mungkin untuk tentunya ada yang duduk di legislatif, juga bagaimana bisa bersinergi untuk membawa pemerintahan yang baik ke depannya," tambah Wagub Jatim tersebut. 

Sarmuji menimpali, pembicaraan mereka juga mendiskusikan langkah pasca Pilkada serentak tingkat kabupaten/kota se-Jatim beberapa waktu kemarin. 

"Jadi ternyata setelah kita hitung-hitung, banyak juga kerja sama kita di tingkat kabupaten/kota Demokrat bersama Golkar. Dan karena itu, kami ingin memastikan koalisi yang dibangun pemerintahan yang diusung sama-sama di tingkat kabupaten/kota juga bisa sukses sebagaimana yang kita usahakan juga di pemerintahan provinsi," ucap Sarmuji. 

Keduanya sepakat mendambakan suasana perpolitikan di Jatim adem, kondusif, agar bisa membangun kabupaten/kota di daerahnya masing-masing. 

"Ya betul, baik di 2018 pada saat Pilkada serentak di mana kami di Pilgub, banyak juga bupati/wali kota yang merupakan kolaborasi dari Partai Demokrat dan Golkar yang mudah-mudahan tentunya menjalankan amanat dengan baik," tambah Emil.

Tak hanya itu saja, Emil juga menjawab kemungkinan safari politik Demokrat ke partai lain. Seraya menyebut jajaran internal partai juga tengah menjadwalkan pertemuan dengan beberapa partai. 

"Oya, silaturahmi ini penting sekali," ucap Emil. 

Menanggapi kunjungan ini, Sarmuji mengatakan akan melakukan kunjungan balasan. 

emil dardak cPlt Ketua Demokrat Jatim Emil Dardak bersama Ketua Golkar Jatim M Sarmuji, Senin (7/6/2021) malam.(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

"Ya, Insya Allah. Kita selain akan berkunjung melakukan kunjungan balasan ke Demokrat, kita juga akan berkunjung ke partai-partai yang lain," ujarnya. 

"Sekali lagi, mau kompetisi itu sudah natural, alamiah sebagai partai politik. Yang perlu diingat, ada sisi-sisi kolaborasi yang harus kita bangun," ucapnya lagi. 

Apakah Emil atas nama Pemprov nantinya juga akan mengembangkan silaturahmi ke partai yang memiliki kursi di dewan? Emil mengatakan, bahwa Gubernur Khofifah telah melakukan komunikasi dengan baik.

"Saya yakin bu gubernur komunikasi sudah berjalan dengan baik, makanya saya ini wakilnya Bu Khofifah, tapi juga sedang diamanati sama Mas Bayu untuk ngurus Partai Demokrat di Jatim. Dan kebetulan kita pengusungnya Bu Khofifah kan? makanya bu ini kita ada janji untuk ketemu dengan Golkar," jawabnya.

Lebih lanjut, Emil mengungkapkan, bahwa Gubernur Khofifah sangat senang melihat jalinan komunikasi tersebut. 

"Dan ibu tentunya sangat senang melihat komunikasi-komunikasi yang baik ini. Jadi masalah nanti antara ibu atau Pemprov, selama ini juga selalu ada komunikasi kok. Cuma bahwa apa ada permasalahan-permasalahan tertentu saya yakin itu akan lebih ke gubernur," tandas Plt Ketua Partai Demokrat Jatim Emil Dardak saat kunjungan ke Golkar Jatim.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES