Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Video Kondisi Menyedihkan Pasien Covid-19 di Malaysia

Selasa, 08 Juni 2021 - 17:18 | 65.21k
Video yang memperlihatkan kondisi rumah sakit di Malaysia.
Video yang memperlihatkan kondisi rumah sakit di Malaysia.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Video yang memperlihatkan kondisi rumah sakit di Malaysia beredar di media sosial. Dalam video tersebut tampak kondisi para pasien Covid-19 yang dirawat di jalan sekitar rumah sakit.

Video tersebut diberi narasi sebagai berikut:
MALAYSIA MENYEDIHKAN LUR..…

Video tersebut beredar di media sosial Facebook, diunggah oleh akun Ngatino Tino pada 1 Juni 2021 pukul 11.51 WIB.

cek-fakta-Pasien-Covid-19-di-Malaysia-2.jpgSumber: Tangkapan layar Facebook

Hingga Senin (7/6/2021) pukul 14.50 WIB, video dan narasi tersebut telah mendapat 197 tanda emoji, 12 komentar, 30 kali dibagikan, dan ditonton lebih dari 1200 kali.

CEK FAKTA

Penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video dan narasi tersebut salah. Tidak ada bukti yang mendukung bahwa video tersebut terjadi di Malaysia.

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta, ditemukan video yang identik, dimuat di artikel berjudul “急診患者在戶外吹風?醫:戶外等篩檢降低風險” yang terbit di situs ftvnews.com.tw pada 31 Mei 2021. 

cek fakta Pasien Covid 19 di Malaysia 3Sumber: 急診患者在戶外吹風?醫:戶外等篩檢降低風險-民視新聞 | YouTube

Video itu diunggah kanal Youtube 民視新聞網 Formosa TV News network pada 31 Mei 2021 dengan judul “急診患者在戶外吹風?醫:戶外等篩檢降低風險-民視新聞” 

Terjemahannya: “Pasien darurat meniup udara di luar ruangan? Medis: Skrining luar ruangan mengurangi risiko-Minshi News”

cek fakta Pasien Covid 19 di Malaysia 4

cek fakta Pasien Covid 19 di Malaysia 5Sumber: 急診患者在戶外吹風?醫:戶外等篩檢降低風險 | FTV News

Melansir JawaPos yang mengutip isi artikel di situs ftvnews.com.tw tersebut, video itu direkam pengendara yang kebetulan melintas di depan Rumah Sakit Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Taipei. Disebutkan bahwa tidak sedikit warga yang mengeluh lantaran fasilitas medis tak mampu lagi menangani lonjakan pasien. Untuk menghindari penularan, pihak rumah sakit berjanji memasang tirai sekaligus untuk menjaga privasi pasien.

Wu Xindai, ketua National Medical Industry Union of Physicians, mengatakan, video serupa terlihat di rumah sakit lain di Taipei. Menurut dia, kondisi tersebut (menunggu di luar ruangan) merupakan salah satu prosedur yang harus dilakukan untuk mengurangi risiko infeksi.

cek fakta Pasien Covid 19 di Malaysia 6Sumber: Cerita Covid-19 Malaysia kok Pakai Video Taiwan | JawaPos

KESIMPULAN

Video yang diklaim menggambarkan kondisi di Malaysia, salah. Video tersebut terjadi di Taiwan. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori False context (konteks keliru).

False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES