Pendidikan

Penerapan SISPENA 3.0, Dosen Muda UM Mengabdi untuk Peningkatkan Mutu SKB Kota Malang

Senin, 07 Juni 2021 - 19:41 | 95.56k
Dosen muda UM bersama kepala SKB Kota Malang dan guru PAUD saat berfoto bersama usai melaksanakan kegiatan pengabdian peningkatan kualitas dan akreditasi. (Foto: Dok. Universitas Negeri Malang for TIMES Indonesia)
Dosen muda UM bersama kepala SKB Kota Malang dan guru PAUD saat berfoto bersama usai melaksanakan kegiatan pengabdian peningkatan kualitas dan akreditasi. (Foto: Dok. Universitas Negeri Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sanggar Kegiatan Belajar (SKB Kota Malang) merupakan satuan pendidikan yang menyelenggarakan program pendidikan anak usia dini, kesetaraan paket A, B dan C serta program keterampilan lainnya.

Untuk meningkatkan dan mempertahankan status akreditasi unggul (A) dari BAN PAUD dan PNF. Dosen muda Universitas Negeri Malang (UM), Dr. Ahmad., S.Pd., M.Pd melakukan pengabdian yang diketua dirinya sendiri bersama tim SKB Kota Malang untuk meningkatkan layanan dan penguatan mutu kelembagaan melalui tema 'Penerapan SISPENA 3.0 Untuk Memperbaiki Performance Layanan PAUD di SKB Kota Malang'.

"SKB Kota Malang ini terus kita lakukan untuk meningkatkan mutu kelembagaanmelalui kegiatan workshop pengabdian kepada masyarakat Kota Malang," ujar Ahmad, Senin (7/6/2021).

Kegiatan pengabdian yang rencananya dilakukan selama dua hari, terhitung sejak tanggal 7 hingga 8 Juni 2021 besok, di SKB Kota Malang juga melibatkan seluruh pamong, tutor, guru PAUD yang berada di SKB Kota Malang hingga guru PAUD di lembaga lain.

Sispena-2.jpgDosen muda UM saat memberikan pelatihan kepada masyarakat Kota Malang untuk meningkatkan mutu SKB Kota Malang. (Foto: Dok. Universitas Negeri Malang for TIMES Indonesia)

Sebagai dosen muda program Studi Pendidikan Luar Sekolah UM, Ahmad mengatakan bahwa kegiatan pengabdian ini merupakan tanggungjawab sebagai dosen professional dan juga sebagai bentuk nyata kehadiran UM dalam memperkuat layanan satuan pendidikan.

"Kegiatan pengabdian semacam ini juga sebagai bentuk keberpihakan insan akademisi dalam dunia pendidikan. Terutama di pendidikan nonformal," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SKB Kota Malang, Drs. Imam Khambali., M.Pd menyebutkan bahwa SKB Kota Malang setiap tahun selalu mendapat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat setelah mendapat akreditasi unggul (A).

Maka dari itu, dengan adanya kegiatan ini, menurut Imam, menjadi salah satu cara untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan status akreditasi dalam pelayanan kepada anak usia dini melalui PAUD.

"Maka dari itu, kegiatan pengabdian semacam ini sangat diperlukan sebagai bagian dari komitmen menjaga dan meningkatkan mutu SKB di Kota Malang," tandasnya.

Sebagai informasi, SISPENA 3.0 sendiri merupakan sistem penilaian akreditasi BAN PAUD dan PNF untuk mengelola sistem akreditasi secara online yang sudah mulai di uji cobakan sejak 2020 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI).(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES