Ekonomi

Setahun Tutup, Pusat Oleh-oleh Pudak Galeri Dibuka Jika Gresik Sudah Zona Hijau

Senin, 07 Juni 2021 - 17:10 | 58.43k
Kondisi Pudak Galeri yang berada di Kawasan Makam Maulana Malik Ibrahim Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Kondisi Pudak Galeri yang berada di Kawasan Makam Maulana Malik Ibrahim Gresik (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Hampir setahun lebih pusat oleh-oleh Pudak Galeri Gresik tutup sementara karena pandemi Covid-19. Rencanannya, pemerintah daerah bakal membuka lagi jika Kabupaten Gresik sudah zona hijau.

Pusat oleh-oleh yang berada di bekas lahan parkir Makam Maulana Malik Ibrahim ini sepi. Bahkan, hanya ada petugas kebersihan serta petugas dishut yang berjaga.

Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian Perdagangan (Diskoperindag) Agus Budiono mengatakan, saat ini masih pandemi maka pudak galeri masih belum dibuka.

"Jadi kalau Kabupaten Gresik sudah zona hijau baru kita buka pudak galeri," katanya Senin (7/6/2021).

Dikatakannya, alasan membuka pusak galeri saat zona hijau adalah meminimalisir penularan Covid-19. Meski sebagian besar pedagang dan pelaku UMKM sudah mendapatkan vaksin, namun harus tetap waspada dan hati-hati.

Kondisi Pudak Galeri b

"Protokol kesehatan harus tetap berlaku diseluruh pasar atau pun pusat oleh-oleh," tambahnya.

Alasan lain diutarakan Agus, jika di stand yang ada di Pudak Galeri merupakan milik kecamatan yang ada di Gresik. Saat itu, konsepnya adalah menjual kuliner dan oleh-oleh khas. 

"Jadi kasihan bagi mereka kalau nantinya berjualan di pudak galeri dan kena jam malam. Untuk itu menunggu zona hijau terlebih dahulu baru dibuka pudak galeri," ujarnya.

Sementara itu, salah satu pedagang aksesoris sekitar Makam Maulana Malik Ibrahim, H Hamid mengatakan sejak pandemi peziarah memang dibatasi agar tetap protokol kesehatan.

Hamid berharap agar Covid-19 segera berakhir sehingga peziarah normal kembali dan bisa berjualan seperti dahulu lagi. 

"Dengan pertimbangan saat ini yang akses menuju makam Maulana Malik Ibrahim khususnya untuk kios aksesoris juga belum dibuka," ujarnya menanggapi kondisi pusat oleh-oleh Pudak Galeri di Kabupaten Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES