Ekonomi

Atasi Kemacetan, Pemkot Malang: Jembatan Tlogomas Dibangun Bulan Juli

Senin, 07 Juni 2021 - 11:27 | 71.76k
Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Hadi Santoso saat ditemui awak media beberapa waktu lalu. (FOTO: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Hadi Santoso saat ditemui awak media beberapa waktu lalu. (FOTO: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGPemkot Malang Jawa Timur tak mau berlama-lama untuk mengatasi kemacetan di Kota Malang, khususnya di wilayah Tlogomas hingga Tunggulwulung. Pada Juli 2021 mendatang, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) bakal segera memulai pembangunan jembatan Tlogomas yang terhubung dengan Tunggulwulung hingga Saxophone.

Pembangunann jembatan sepanjang 100 meter dengan lebar 14 meter tersebut dipatok dengan pagu anggaran senilai Rp 44,54 miliar. Sejak 25 Mei 2021 lalu, lelang jasa konstruksi untuk bangunan jembatan Tlogomas tersebut telah diumumkan melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Sebelumnya, pada 5 Mei 2021 lalu Pemkot Malang juga telah melakukan lelang untuk jasa konsultan jembatan Tlogomas dengan pagu anggaran senilai Rp 304 juta. Artinya dari total keseluruhan, pembangunan jembatan Tlogomas tersebut berkisar hampir Rp 45 miliar.

Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Hadi Santoso mengatakan, untuk penentuan pemenang jasa konsultasi dan juga pembangunan konstruksi diharapkan bisa dilakukan bersamaan. Hal tersebut dimaksudkan agar pengerjaan dan pengawasan bisa berjalan beriringan dan diharapkan bisa maksimal dan cepat.

"Memang kita inginkan pemenangnya bersamaan (jasa konsultasi dan konstruksi). Nanti biar bareng dan optimal. Sekarang sudah proses," ujar pria yang akrab disapa Soni, Senin (7/6/2021).

Jika proses lelang telah usai, lanjut Soni, pada Juli 2021 mendatang proses konstruksi bisa langsung dikerjakan dengan target pada akhir tahun 2021 ini bisa segera selesai guna mengurai kemacetan di wilayah tersebut.

Apalagi, proses kontruksi juga hampir sama dengan jembatan Kedungkandang yang menurutnya juga sesuai dan kokoh untuk bangunan jembatan.

"Ini proyek single year untuk mengatasi kemacetan di utara Kota Malang. Untuk bahan sama dengan Jembatan Kedungkandang, kita pakai baja," ungkapnya.

Sementara itu, bersamaan dengan pengerjaan konstruksi bangunan Jembatan Tlogomas, Pemkot Malang juga akan melakukan pelebaran jalan untuk menunjang akses jembatan tersebut.

Untuk pelebaran jalan yang memang bukan termasuk dalam anggaran pembangunan jembatan Tlogomas, rencananya akan dilakukan pelebaran disekitaran tembusan Tlogomas. Mulai dari jalan di daerah Saxophone hingga mengarah ke wilayah Candi Panggung. "Pelebaran juga akan kita lakukan sama-sama nanti. Mudah-mudahan anggarannya bisa diusulkan di PAK nanti," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES