Peristiwa Daerah

Kasus Covid-19 di Jember Merangkak Naik, Waspadai Kluster Keluarga

Senin, 07 Juni 2021 - 10:31 | 31.03k
Grafis kasus penularan Covid di Jember per 6 Juni 2021. (Foto: Diskominfo Jember for TIMES Indonesia)
Grafis kasus penularan Covid di Jember per 6 Juni 2021. (Foto: Diskominfo Jember for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Terjadi peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Jember. Terdapat 17 kasus Covid-19 baru dalam dua hari terakhir dengan tiga kluster keluarga di Kecamatan Jenggawah, Tanggul, dan Patrang.

Juru Bicara Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember Habib Salim membenarkan tentang peningkatan kasus baru penyebaran Covid-19 di Jember. 

"Terjadi peningkatan kasus baru Covid-19 dalam dua hari ini di Jember. Tanggal 5 Juni dilaporkan sebanyak sebanyak 6 kasus baru yaitu 5 kasus di Kecamatan Tanggul (keluarga) dan 1 kasus di Kecamatan Sumbersari," tulis Habib, dalam pesan singkat yang diterima TIMES Indonesia, Senin (7/6/2021).

Pada 6 Juni 2021 kemarin, lanjutnya, dilaporkan sebanyak 11 kasus baru Covid-19. 

"Yakni di Kecamatan Patrang 5 kasus (4 kasus dalam 1 keluarga), Kecamatan Sumbersari (2 kasus), dan Kecamatan Jenggawah (4 kasus lingkup keluarga)," paparnya.

Habib juga menekankan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

"Untuk meningkatkan kewaspadaan bersama dan tetap jaga prokes," tegasnya.

Sementara itu, di hari yang sama Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember Wiwik Supartiwi membenarkan tentang kasus baru 5 orang warga Kecamatan Tanggul yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Benar kemarin itu, 6 terkonfirmasi positif, 5 orang dari satu keluarga, sekarang dikarantina di rumah karantina mandiri di Kecamatan Tanggul (untuk satu orang lainnya Kecamatan Sumbersari), mereka OTG (Orang Tanpa Gejala) kondisi baik," tutur Wiwik.

Wiwik mengungkapkan kasus Covid-19 kluster baru itu berawal pada 2 Juni 2021 terdapat keluarga yang bermaksud melakukan Swab Tes Antigen sebagai syarat kembali ke Jakarta untuk berdinas.

"Kemudian terkonfirmasi positif dan dilanjutkan Swab Tes, yang hasilnya juga positif. Kemudian (untuk) kontak erat sudah dilakukan upaya tracing (di lingkup keluarga), lanjut treatmen perawatan jika ada gejala yang perlu dirujuk ke rumah sakit. Nanti akan dilakukan," ungkapnya. 

Hingga Senin, di Kabupaten Jember sudah tercatat ada 7.042 terkonfirmasi positif Covid-19, 6.537 dinyatakan sembuh, 482 meninggal dunia dan sebanyak 23 kasus, masih dirawat di rumah sakit dan isolasi mandiri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES