News Commerce Indonesia Bangkit

Pemilik D&D Handycraft Probolinggo Sulap Limbah Kulit Jagung Jadi Tempat Tisu Bernilai Ekonomi

Senin, 07 Juni 2021 - 05:34 | 66.69k
Proses pewarnaan klobot jagung setelah dijemur kering. (Foto-foto: D&D Handycraft for TIMES Indonesia)
Proses pewarnaan klobot jagung setelah dijemur kering. (Foto-foto: D&D Handycraft for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Di tangan Yayuk Ratna, owner UMKM D&D Handycraft di Probolinggo, limbah kulit jagung (klobot) disulap menjadi tempat tisu yang cantik, menarik, dan tentunya bernilai ekonomi tinggi.

Handycraft 2Proses pemasangan kain dan hiasan bunga daun di kerangka tempat tisu.

Dengan kerajinan tangan yang unik dan kreatif itu kini Yayuk mampu menghasilkan pendapatan yang cukup lumayan. Pasalnya, ia menjual hasil kreasinya itu mulai dari Rp 70 ribu sampai Rp 200 ribu per buah.

Ide membuat sampah kulit jagung menjadi tempat tisu, menurut Yayuk, karena sering melihat keberadaan limbah ini yang melimpah di Kota Probolinggo.

“Apalagi, saat saya pergi ke salah satu pasar di Kota Probolinggo melihat banyak sekali limbah kulit jagung yang hanya dibuang begitu saja. Kalaupun bisa dimanfaatkan, cuma buat makanan ternak,” kata Yayuk.

Handycraft 3Tempat tisu yang sudah dihias siap dijual.

Dari seringnya melihat limbah kulit jagung yang terbuang percuma, perempuan berusia 51 tahun ini lantas memutar otak bagaimana limbah ini bisa menjadi karya cantik dan menghasilkan pundi-pundi uang.

“Bermodalkan keterampilan dan tekad yang tinggi, muncul ide untuk mebuat tempat tisu. Lantas, saya mengambil limbah kulit jagung dari pedagang salah satu pasar di Probolinggo,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Yayuk, limbah kulit jagung yang didapat lalu dijemur sampai kering. Setelah kering, kemudian diwarnai sesuai selera dan setelah itu kembali dijemur lagi sampai kering. 

“Limbah kulit jagung yang sudah diwarnai menjadi bahan saya berkreasi membuat tempat tisu bernilai ekonomi tinggi. Untuk informasi lebih lanjut Galery D&D Handycraft, bisa datang ke Jalan Mastrip Gang Kelapa Muda No 11, Kelurahan Jrebeng Wetan, Kedopok, Kota Probolinggo. Atau telepon di nomor 082323688593,” jelas Yayuk. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES