News Commerce Indonesia Bangkit

Berbekal Kreativitas di Ajang Lomba, Pemilik Day Art Batik Probolinggo Sukses Rintis Bisnis Batik

Senin, 07 Juni 2021 - 02:09 | 104.31k
Ketua Dekranasda Jawa Timur yang saat itu dijabat Nina Soekarwo menyerahkan penghargaan kepada Pemilik Day Art Batik Friday Purnama Sari sebagai juara 3. (Dok Friday Purnama Sari for TIMES Indonesia)
Ketua Dekranasda Jawa Timur yang saat itu dijabat Nina Soekarwo menyerahkan penghargaan kepada Pemilik Day Art Batik Friday Purnama Sari sebagai juara 3. (Dok Friday Purnama Sari for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Memulai usaha tidak harus dengan modal yang besar, tetapi cukup berbekal kreativitas kita bisa memulai usaha. Seperti halnya yang dilakukan Friday Purnama Sari, pemilik Day Art Batik Probolinggo ini.

Day Art Batik 2Friday Purnama Sari, Pemilik Day Art Batik.

Friday mengatakan, sebelum berkembang seperti saat ini, ia merintis usaha dari awal dengan sering mengikuti lomba-lomba desain batik di skala provinsi dan nasional.

“Awal mula mengikuti lomba design batik pada tahun 2012. Dalam lomba berskala nasional yang digelar di Jakarta, saya berhasil masuk nominasi 5 besar,” ujar Friday.

Saat itu, lanjut Friday, ia mengikutkan desain batik godong pelem dalam perlombaan yang kali pertama diikutinya tersebut. “Desain batik godong pelem ini akhirnya menjadi cikal bakal seragam batik bagi ASN (aparatur sipil negara) Probolinggo,” ungkap Friday.

Tahun 2013, Friday kembali ikut event skala provinsi juga mendapatkan juara. Lalu, pada tahun 2014 dia ikut lagi lomba desain batik tingkat nasional di Solo, Jawa Tengah.

Day Art Batik 3Desain batik Samudra Teristimewa karya Friday Purnama Sari.

“Dengan mengusung motif "Samudra Teristimewa”, akhirnya saya mendapatkan juara pertama dalam lomba di Solo tersebut. Desain batik ini kembali dijadikan seragam ASN Probolinggo untuk pejabat eselon. Beberapa motif kami juga sudah mendapatkan hak cipta dari Kemenkum HAM,” papar Friday.

Dia mengaku aktif ikut lomba sampai tahun 2019 dan sering mendapat penghargaan. “Saya juga pernah diundang ke Grahadi  (Surabaya) oleh Ketua Dekranasda Jawa Timur yang saat itu dijabat Ibu Nina Soekarwo,” ujarnya.

Keberhasilan-keberhasilan yang diraih Friday menjadikan masyarakat Probolinggo mulai mengenal Day Art Batik yang dekelolanya. “Sampai sekarang desain-desain batik kami dipilih untuk seragam ASN di Kota Probolinggo,” kata Friday bangga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES