Pendidikan

Tingkatkan Kualitas, Fakultas Syariah UIN KHAS Teken Kerja Sama dengan UNESA dan UNNES

Sabtu, 05 Juni 2021 - 22:50 | 47.50k
Kerja sama tiga pihak antara Fakultas Syariah UIN KHAS dengan UNESA dan UNES untuk meningkatkan kualitas pendidikan. (Foto: Humas FS UIN KHAS for TIMES Indonesia)
Kerja sama tiga pihak antara Fakultas Syariah UIN KHAS dengan UNESA dan UNES untuk meningkatkan kualitas pendidikan. (Foto: Humas FS UIN KHAS for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Transformasi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember menjadi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) mendorong seluruh fakultas untuk meningkatkan kualitas. Seperti yang dilakukan Fakultas Syariah UIN KHAS dengan memperluas kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Terbaru, Fakultas Syariah UIN KHAS menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Dalam keterangan pers yang diterima TIMES Indonesia, Sabtu (5/6/2021), Wakil Dekan III Fakultas Syariah  UIN KHAS Dr. Martoyo, S.H.I., M.H., menerangkan, kerja sama tersebut bertujuan untuk mempererat hubungan antara Fakultas Syariah UIN KHAS dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNESA Surabaya dan Fakultas Hukum UNNES Semarang.

"Selain itu, kerja sama ini sekaligus untuk meningkatkan kapasitas dan pengalaman dosen melalui penyelenggaraan kegiatan tridharma perguruan tinggi, meningkatkan pengalaman belajar bagi mahasiswa," kata Martoyo.

Martoyo menuturkan, kerja sama antarperguruan tinggi tersebut akan memberi peluang bagi mahasiswa untuk meningkatkan kapasitasnya.

"Karena mereka mendapat kesempatan untuk belajar dan berbagi pengalaman dengan mahasiswa dari Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Umum yang berkualitas untuk pengembangan mutu akademik dan pengembangan potensi non-akademik sehingga Fakultas Syariah  UIN KHAS menjadi fakultas yang maju," ungkap lulusan doktor Fakultas Hukum Universitas Jember tersebut.

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Prof. Harisudin mendukung penuh kerja sama dengan Perguruan Tinggi Umum setelah sebelumnya telah melakukan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi keagamaan negeri.

"Alhamdulillah, setelah tahun lalu kami gencar kerja sama dengan beberapa lembaga dan PTKIN, di tahun ini kami mulai merambah pada Perguruan Tinggi Negeri seperti Fakultas Hukum Universitas Negeri Jember, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya dan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang. Dalam waktu dekat, kita juga akan teken kerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta" pungkas Prof Haris yang juga Ketua Pengurus Pusat APHTN-HAN itu.

Prof Haris menjelaskan, dalam rangka penyelenggaraan Kampus Merdeka, Merdeka Belajar maka fokus pada kerja sama ini di antaranya pertukaran dosen, penelitian bersama, pengabdian kepada masyarakat bersama, pertukaran mahasiswa, dan kegiatan akademik lainnya.

Menurutnya, kerja sama tersebut menjadi salah satu langkah dalam meningkatkan mutu akademik dan non-akademik Fakultas Syariah dalam mewujudkan tridharma perguruan tinggi.

"Harapannya dengan kerja sama ini, kami akan semakin kuat dalam bidang tridharma perguruan tinggi karena kerja sama adalah suatu keniscayaan sehingga tidak bisa terhindarkan. Bahkan di tahun 2022, kami sudah meng-arrange kerja sama level internasional seperti Australia, Taiwan, Mesir, New Zealand dan negara lainnya dalam rangka memperkuat tiga bidang dalam tridharma perguruan tinggi itu," tambah Guru Besar UIN KHAS yang juga Sekretaris Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum PTKIN se-Indonesia itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES