Politik

Desa Pancasila di Kabupaten Malang, Jadi Percontohan PDI Perjuangan

Sabtu, 05 Juni 2021 - 20:05 | 53.63k
Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jatim, Dr Sri Untari Bisowarno ketika berada Desa Pancasila. (FOTO: tim Media PDI Perjuangan for TIMES Indonesia)
Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jatim, Dr Sri Untari Bisowarno ketika berada Desa Pancasila. (FOTO: tim Media PDI Perjuangan for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pengurus DPC PDI Perjuangan se Malang Raya, mengunjungi Desa Pancasila di Desa Ngadirejo, Kromengan, Kabupaten Malang, Sabtu (5/6/2021).

Kedatangan Pengurus DPC PDI Perjuangan se Malang Raya ini disambut Bupati Malang Abah Sanusi yang juga Kader dari Partai berlogo banteng moncong putih tersebut.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jatim, Dr Sri Untari Bisowarno. Pengurus DPC PDI Perjuangan juga menyaksikan secara langsung Desa Pancasila.

Bupati Malang, HM Sanusi menyatakan Desa Ngadirejo merupakan salah satu desa di Kabupaten Malang yang memproklamirkan diri sebagai Desa Pancasila.

Sri-Untari-Bisowarno-2.jpgArahan dari Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jatim, Dr Sri Untari Bisowarno di Desa Pancasila. (FOTO: tim Media PDI Perjuangan for TIMES Indonesia)

"Masyarakat desa ini berkomitmen untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila," ujarnya. Lebih lanjut dia mengatakan, Status yang disandang Desa Ngadirejo sebagai Desa Pancasila diniati sebagai bentuk ibadah.

Hal ini dikarenakan dalam sila pertama berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa, menurutnya, perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari merupakan wujud ibadah.

"Negara kita semua aturan undang-undang merujuk dan berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Dengan pengimplementasian nilai-nilai Pancasila, mengajak semua bangsa indonesia kegiatannya bertujuan untuk beribadah," urainya.

Sementara Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim, Sri Untari menerangkan kegiatan ini dilaksanakan untuk meninjau dan melihat secara langsung bagaimana pengimplementasian nilai-nilai Pancasila ditengah masyarakat desa.

Hal ini, terangnya, merupakan turunan dari instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri kepada seluruh kader untuk turun ke desa.

"Kalian harus turun ke desa, karena di desa itu ada adat istiadat, ada kuliner, ada pertanian, ada anak-anak yang bermain-main. Itu semua hal yang baik berasal dari desa," jelas

Kedepan setelah melakukan kunjungan di Desa Pancasila Ngadirejo ini, akan menjadi model gerak bagi DPC PDI Perjuangan se-Malang Raya untuk melakukan pemberdayaan kampung dan desa serupa dengan di Kabupaten Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES