Ekonomi

KPRI Guyub Rukun Karangmoncol Purbalingga Buka Pertashop

Sabtu, 05 Juni 2021 - 19:40 | 51.70k
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BECon MM didampingi Ketua DPRD HR Bambang Irawan SH dan pejabat lain meresmikan pertashop. (FOTO: Humas Pemkab Purbalingga For TIMES Indonesia)
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BECon MM didampingi Ketua DPRD HR Bambang Irawan SH dan pejabat lain meresmikan pertashop. (FOTO: Humas Pemkab Purbalingga For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Di tengah arus persaingan usaha yang kian tajam, pengurus Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Guyub Rukun Karangmoncol melakukan inovasi, salah satunya adalah usaha pertashop.

Koperasi yang bermula hanya berjenis usaha simpan pinjam, saat ini sudah melakukan pengembangan usaha seperti bisnis retail GR Mart, sewa gedung pertemuan dan tabung gas elpiji.

Pembukaan jenis usaha baru milik koperasi Guyub Rukun berupa pertashop ditandai penguntingan pita oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BECon MM didampingi Ketua DPRD HR Bambang Irawan SH, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Drs Agus Winarno MSi dan Kepala Dinkop UKM Budi Susetyono MPA, Sabtu (4/6/2021).

Bupati Tiwi mengapresiasi usaha yang dilakukan koperasi Guyub Rukun, tidak saja simpan pinjam, namun juga usaha retail berupa Guyub Rukun Mart (GR Mart) yang dimiliki dan dikelola sendiri oleh koperasi Guyub Rukun. Inovasi yang dilakukan koperasi Guyub Rukun tidak puas hanya  dengan memiliki GR Mart, namun hari ini dibuka usaha baru berupa pertashop.

Dyah-Hayuning-Pratiwi-SE-BECon-MM-2.jpg

“Mudah-mudahan pertashop ini bisa bermanfaat untuk masyarakat Pekiringan khususnya, dan tentunya bermanfaat bagi anggota koperasi Guyub Rukun dan tentunya masyarakat kecamatan Karangmoncol pada umumnya,” ungkapnya.

Bupati Tiwi berharap eksistens koperasi Guyub Rukun ini dapat ditiru oleh semua koperasi-koperasi yang ada di Kabupaten Purbalingga. Terutama koperasi pemda, karena koperasi Guyub Rukun ini cukup kreatif, ada pemikiran-pemikiran produktif untuk bagaimana koperasi ini terus dapat bermanfaat.

Ketua KPRI Guyub Rukun Siswadi mengatakan, koperasi Guyub Rukun berawal dari keanggotaan para guru-guru SD di wilayah Kecamatan Karangmoncol. Namun saat ini AD/ART sudah diubah menjadi ASN di wilayah Purbalingga. Sehingga keanggotaan KPRI Guyub Rukun dapat berasal dari lintas OPD.

Keanggotaan di Koperasi Guyub Rukun sempat mengalami surut karena banyak anggota yang pensiun. Namun sejak ada pengangkatan  CPNS ada penambahan cukup signifikan.

Dari catatan koperasi, keanggotaan koperasi Guyub Rukun sudah 206  anggota. KPRI Guyub Rukun berbadan hukum sejak tahun 1995 dengan jenis usaha simpan pinjam dan toko sederhana. Usaha simpan pinjam, mampu memberikan layanan kepada anggota sampai Rp. 150 juta.

Tahun 2017 koperasi Guyub Rukun melakukan revolusi utamanya pengelolaan dan pelayanan toko. Dari toko sederhana yang sempit menjadi toko modern agar anggota maupun masyarakat umum merasa nyaman ketika berbelanja di GR Mart.

“GR Mart merupakan hasil pengembangan toko sederhana yang saat ini menempati gedung baru ukuran 7 X 11 meter dan berlantai dua.” tuturnya.

Dijelaskan Siswadi, pengembangan usaha baru berupa pertashop dipilih karena usaha ini dinilai sangat menjanjikan, karena membutuhkan sedikit tenaga kerja namun analisis usahanya cukup bagus.

Untuk usaha pertashop ini, koperasi Guyub Rukun menanamkan modalnya sekitar Rp. 400 juta dengan menyewa lahan milik perorangan selama 10 tahun. "Jika usaha ini sudah stabil, maka kita akan kembangkan usaha lainnya," kata Siswadi, Ketua KPRI Guyub Rukun Karangmoncol Purbalingga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES