Wisata

Menparekraf RI Sandiaga Uno Menikmati Wisata Jip di Desa Pentingsari Sleman

Sabtu, 05 Juni 2021 - 16:10 | 36.15k
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahudin Uno saat naik jip mengunjungi Desa Wisata Pentingsari, Sleman, terletak berada di lereng Gunung Merapi. (FOTao: Wiwit/TIMES Indonesia)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahudin Uno saat naik jip mengunjungi Desa Wisata Pentingsari, Sleman, terletak berada di lereng Gunung Merapi. (FOTao: Wiwit/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTAMenparekraf RI (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Pentingsari, Sleman, yang terletak berada di lereng Gunung Merapi. Lokasi ini berjarak kurang lebih 22,5 kilo meter dari pusat Kota Yogyakarta, Sabtu (5/6).

Dalam kesempatan itu Sandiaga Uno menyapa para pelaku UMKM dan menyempatkan diri menaiki jip wisata menyusuri sungai.

“Kebangkitan Pariwisata ini dimulai dari desa wisata, dan kami ingin Desa Wisata hadir membuka peluang usaha, peluang ekonomi dan membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya,” ujar Sandiaga Uno.

Sandiaga mengapresiasi Desa Wisata Pentingsari, Sleman, yang masih masuk di dalam kawasan wisata Taman Nasional Gunung  Merapi (TNGM) itu. Karena desa wisata ini tak hanya mengandalkan keunikan alamnya, namun mendorong juga masyarakat desa itu bergegas mencari keunikan lain dan tidak hanya sekedar mengandalkan lokasi wisata. Seperti salah satunya Jip Tur Merapi itu.

“Namun masyarakat tetap juga melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya, seperti bertani, aktivitas kehidupan bersosialisasi di pedesaan dengan keramah tamahannya,  kebudayaan dan kesenian tradisional yang masih terjaga, serta menjaga makanan khas desanya,” kata dia.

Hal itu yang menarik para wisatawan untuk berkunjung, bahkan tidak sedikit juga yang menginap di homestay rumah-rumah warga dengan suasana pedesaannya yang terbilang masih sangatkental dan menjadikan pengalaman tersendiri bagi wisatawan.

Desa Pentingsari ini telah dikenal di mancanegara sebagai salah satu desa wisata dengan segudang penghargaan.

Mulai dari Indonesia Suistainable Tourism Awards (ISTA) 2017 dalam kategori ekonomi, sampai 100 Top destinasi pariwisata berkelanjutan di dunia versi Global Green Destinations Days (GGDD) 2019.

Ditambahkan Sandiaga, desa wisata itu menjadi andalan Kemenparekraf dalam mendongkrak pariwisata di masa pandemi Covid-19.

“Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat,” kata Menparekraf RI Sandiaga Uno. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES